Sleeping Buddha alias Budha Tidur, ternyata Indonesia punya juga lho!! Tepatnya di Maha Vihara Mojopahit, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Saya langsung ngiler penasaran sama patung Budha tidur berukuran raksasa ini *kalo gak mau dibilang buesar*, setelah lihat foto-foto seorang temen yang mampir ke sini juga karena awalnya gara-gara liat foto orang lain. :))

Lihat kalender kerja, cek kapan ada liburan dan akhirnya baru kesampaian ke sini awalΒ Desember 2010 lalu, sekalian touring singkat keΒ Jawa Timur.

 

Patung Big Sleeping Buddha atawa Budha tidur ini masuk ke dalam komplek Maha Vihara Mojopahit. Letaknya ada di belakang dari komplek Vihara itu sendiri, jadi dari luar nggak kelihatan ternyata ada patung Budha tidur warna emas berukuran raksasa di sana.

Turun dari angkot yang kita carter, sekalian buat muter-muter Trowulan, oleh sopir angkot saya disuruh minta ijin dulu ke salah seorang petugas yang jaga di sekitar komplek Vihara tsb. Gak pake aneh-aneh, langsung dipersilakan masuk asal jaga ketenangan aja. Oh ya, di sini gak ada ditarik biaya macem-macem alias gratis! :) *ya iya lah, namanya juga tempat ibadah*

Kalau boleh jujur, saya jauh lebih suka dengan penggambaran sang Buddha di Indonesia sini daripada di Thailand sana. Buddha di sini terlihat lebih mantep, berwibawa dan gedhe badannya, heheh… πŸ˜€

Dari informasi yang saya dapet di sini *hasil googling*, patung Sleeping Buddha ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter,serta tinggi 4,5 meter, dan patung ini diklaim sebagai patung Buddha Tidur terbesar ketiga di Asia setelah Jakarta, dan Bangkok.Β  Pada Desember 2001 patung Budha ini tercatat dalam buku MURI (Museum Rekor Indonesia). *eh, emg di Jakarta ada jg ya? :matabelo:*

the Buddha and me

the Buddha and me *thx to Dina Ari*

Di bagian depan komplek Vihara ini, ada gedung β€œSasono Bhakti”, gak tau deh isinya apaan. Waktu itu saya dan teman-teman tidak memutuskan masuk. Gak nanya juga sih boleh masuk apa gak. Tapi setelah balik dari sini baru tau katanya boleh masuk. :hammer:

Paling gak kita sempat sedikit foto-foto di depannya. Di bagian pelataran gedung itu juga ada semacam pagar betis dari patung-patung Budha dari batu berwarna hitam. Kurang tau deh maksudnya apa aja tuh patung.

sedikit hasil jepret-jepret :