40

Sleeping Buddha di Trowulan, Jawa Timur

Sleeping Buddha alias Budha Tidur, ternyata Indonesia punya juga lho!! Tepatnya di Maha Vihara Mojopahit, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur. Saya langsung ngiler penasaran sama patung Budha tidur berukuran raksasa ini *kalo gak mau dibilang buesar*, setelah lihat foto-foto seorang temen yang mampir ke sini juga karena awalnya gara-gara liat foto orang lain. :))

Lihat kalender kerja, cek kapan ada liburan dan akhirnya baru kesampaian ke sini awal Desember 2010 lalu, sekalian touring singkat ke Jawa Timur.

 

Patung Big Sleeping Buddha atawa Budha tidur ini masuk ke dalam komplek Maha Vihara Mojopahit. Letaknya ada di belakang dari komplek Vihara itu sendiri, jadi dari luar nggak kelihatan ternyata ada patung Budha tidur warna emas berukuran raksasa di sana.

Turun dari angkot yang kita carter, sekalian buat muter-muter Trowulan, oleh sopir angkot saya disuruh minta ijin dulu ke salah seorang petugas yang jaga di sekitar komplek Vihara tsb. Gak pake aneh-aneh, langsung dipersilakan masuk asal jaga ketenangan aja. Oh ya, di sini gak ada ditarik biaya macem-macem alias gratis! :) *ya iya lah, namanya juga tempat ibadah*

Kalau boleh jujur, saya jauh lebih suka dengan penggambaran sang Buddha di Indonesia sini daripada di Thailand sana. Buddha di sini terlihat lebih mantep, berwibawa dan gedhe badannya, heheh… :D

Dari informasi yang saya dapet di sini *hasil googling*, patung Sleeping Buddha ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter,serta tinggi 4,5 meter, dan patung ini diklaim sebagai patung Buddha Tidur terbesar ketiga di Asia setelah Jakarta, dan Bangkok.  Pada Desember 2001 patung Budha ini tercatat dalam buku MURI (Museum Rekor Indonesia). *eh, emg di Jakarta ada jg ya? :matabelo: *

the Buddha and me

the Buddha and me *thx to Dina Ari*

Di bagian depan komplek Vihara ini, ada gedung “Sasono Bhakti”, gak tau deh isinya apaan. Waktu itu saya dan teman-teman tidak memutuskan masuk. Gak nanya juga sih boleh masuk apa gak. Tapi setelah balik dari sini baru tau katanya boleh masuk. :hammer:

Paling gak kita sempat sedikit foto-foto di depannya. Di bagian pelataran gedung itu juga ada semacam pagar betis dari patung-patung Budha dari batu berwarna hitam. Kurang tau deh maksudnya apa aja tuh patung.

sedikit hasil jepret-jepret :

  1. Anita says:

    Salam Kenal, saya sangat tertarik melihat blog ini. kebetulan saya sudah tinggal di surabaya, ingin melihat-lihat Patung Budha di Trowulan.
    Kalau boleh tau alamat lengkap nya dimana ya? dan kalau dari surabaya barat kira2 butuh waktu berapa lama ya?
    Thanks ^;^

  2. Mau tanya Patung untuk di Daerah Jakarta. Alamatnya di mana yah..?
    Kunjungi Juga Blogku recently posted.. Foto Rumah Minimalis Type 36 TerbaruMy Profile

  3. Capella says:

    Eh emang ada patung budha raksasa di jekardah? Aku ampe gugling tapi ga nemu :(

  4. DINAA says:

    wah aku juga lagii lama gak mbolang ini.
    mumpung deket sama surabaya, kayaknya ke Trowulan aja cocok ya.
    eh selain di vihara nya ini ada tempat bagus lagi gak disekitarnya.
    biar gak rugi jauh2 ke mojokerto.
    sekalian menyelam sambil minum airr, hehehe…

    salam kenal ;)
    DINAA recently posted.. Keceriaan Timnas JrMy Profile

    • di Trowulan juga banyak candi-candi peninggalan Majapahit koq. Komplek taman candi-candi-nya bagus juga.
      Justru buaaanyak tuh candi-candinya. :D

      aselinya mau nge-post di blog tentang tour candi-candi, tapi kok belum sempet teruuus…. :nohope: semoga bulan ini bisa nge-post tentang candi-candi itu deh. hehehe… :D

      salam kenal juga, makasih udah nyasar di sini… :)

  5. itacasillas says:

    mirip kayak yg d Thailand..

  6. bonando siregar says:

    maaf,kukirain ngerti bahasa batak. :-)
    Oiya,mau nanya lg.
    Sebaiknya aku dr jogja ke trowulannya naek bus ato kereta?
    Soalnya aku nyampe jogja sekitar jam 7 pagi.
    Kira2 berapa lama perjalanan dari jogja ke trowulannya?
    Thx ya bro.

    • maaf kenapa, g pp kali.. biasa aja lae.. cuma tau dikit banget nih bahasa bataknya… :D

      Kalo dari Jogja ke Trowulan enaknya sih naik bis, bisa minta berhenti di Trowulan.
      kalau naik kereta, mungkin bisa turun di stasiun Mojokerto, tapi masih harus “balik” lagi ke Trowulan-nya.
      lama perjalanannya kira2 7 jam’an lah.

      OK, makasih sama2, semoga membantu & happy traveling! ;)

  7. bonando siregar says:

    horas juga lae..:-)
    Aku rencananya berangkat dr yogya lae,tahu trasportasi dari yogya ke terminal trowulan itu ga?
    Terus,jauh ga jarak dari terminal trowulan ke candi trowulan?
    Bisa dijangkau dengan jalan kaki ga?
    Trus brapa lama perjalanan dr terminalnya ke vihara kalo naek angkot charteran?

    Mauliate da lae.:-)

    • lah, dari Jogja? aku mah aselinya Jogja… :D kemaren itu aku sih dari Jakarta ke Surabaya dulu. kalau dari Jogja setauku sih bisa naik bis Jogja – Surabaya, BIASANYA lewat Jombang trus ke Mojokerto, jadi bisa minta berhenti di Trowulan.

      dari terminal Trowulan ke candi-candi atau vihara, bisa aja sih jalan kaki, tapi dijamin gempor… jaraknya antara candi yg satu ke candi lain itu berjauhan * jadi inget belum kesampean nulis post ttg tour candi2 Trowulan :hammer: *

      kalau naik angkot dari terminal Trowulan ke Vihara kira-kira 10-15 menitan lah. begitu juga kalo dari 1 candi ke candi yang lain. intinya sih kalo aku gak rekomendasiin untuk jalan kaki, selain capek, habis waktu juga… :D

      ok, semoga membantu, makasih sama2… –> gak ngerti bahasa Batak-nya “ur welcome:))

  8. bonando siregar says:

    salam kenal bro, saya bonando siregar… :-)

    saya mau nanya, kalo dari terminal mojokerto ke lokasi patung budha ini jauh ga???

    trus tahu informasi transportasi kesananya ga???

    thx ya bro.

    • horas bro… salam kenal juga! :)
      dari terminal Mojokerto ke lokasi patung ini masih jauh banget bro. ini kan lokasi di Trowulan-nya, bukan di kota Mojokerto-nya.
      rencana dari mana nih? kalau misal dari Surabaya (atau dari Mojokerto) bisa naik bis jurusan Surabaya – Jombang (bisa naik bis PO. Jaya Utama atau bis Harapan Jaya), nanti minta turun di terminal Trowulan.

      nanti dari terminal Trowulan, bisa naik ojek atau carter angkot. di sana setau saya gak ada transportasi umum buat ngejangkau sampai Vihara-nya.
      kalau datang rombongan, seperti saya waktu itu, kita carter angkot di terminal Trowulan, kena duit 90ribu apa ya. Bayar segitu buat ke Maha Vihara Mojopahit, keliling candi-candi di Trowulan dan Museum.

      semoga membantu & gak bingung bro…! :D

  9. antoq says:

    keren banget foto patungnya, chocky nya juga cakep, sedap dipandang lama2

  10. Ladeva says:

    Gede banget patung budhanya…jadi pengen liat ke sana langsung :)
    Ladeva recently posted.. Secangkir Kopi di Joglo CeriaMy Profile

  11. niee says:

    wah, keren patungnya..
    tapi seperti perempuan gitu yak!

  12. elly says:

    “Kalau boleh jujur, saya jauh lebih suka dengan penggambaran sang Buddha di Indonesia sini daripada di Thailand sana. Buddha di sini terlihat lebih mantep, berwibawa dan gedhe badannya, heheh… :D

    belom liat asli.. tp dari foto.. iye yak.. lebih menjantan… yang di thailand aneh2…. ada yang kek boneka -_-” *liatfotodiwatyangkitanyasardeh*

  13. Anjang says:

    Keren pic nya gan…:D

    salam kenal.. saya anjang…

    keep blogging dude :D
    Anjang recently posted.. Akhirnya Blog Saya Sehat LagiMy Profile

  14. miss j says:

    cakep ya patungnya…. kya berlapis emas beneran,,, fiuuuu,jadi pengen kesitu…

    • emang cakep koq patungnya, kereeeen! emang posisi di mana nih? ya dateng aja ke Trowulan… :)
      saya aja kayanya masih pengen keliling-keliling Trowulan nih, yg kemaren rada kurang puas gara2 hujan. ^_^’

  15. Alid Abdul says:

    yang ganggu tuh tower di belakang,,, spoil the view T____T
    berkali-kali ke sana gag bosen-bosen deh ^^
    Alid Abdul recently posted.. Rasa Ndesonya Benar-Benar MenggodaMy Profile

  16. joe says:

    seandainya itu terbuat dari emas…
    joe recently posted.. Jangan Tidur Dengan Hewan Peliharaan!My Profile

  17. -rizka- says:

    ada yang meludah dan menelan ludah…kok mpit bagian yang gak enak sih? dan kamu mau2 aja pit?
    heran, kelakuan ababil jaman sekarang, ckckck :P
    -rizka- recently posted.. Beauty Treatment or TortureMy Profile

  18. safitri says:

    *menelan ludah* kapaaan, kapaaaan saya bisa jalan-jalan lagiiiiii? :lol:
    Nice pics, Chocky ^^
    safitri recently posted.. Baterai Modem Sierra Wireless AT&T 881My Profile

  19. dindun says:

    km ga kompakan gayanya.. :p

CommentLuv badge
%d bloggers like this: