18

Transportasi Cikarang – Jakarta – Green Canyon – Pangandaran

Saya dan 5 orang teman berangkat dari Cikarang jam 7 kurang-kurang dikit. Kita berangkat menuju Cawang / UKI naik angkot elf 59, seharga 6000 IDR. Dari UKI naik bis (Mayasari) ke terminal Kampung Rambutan, harga 2000 IDR. Kalo ga salah sih nomor 02A, jurusan Rambutan – Kalideres.

Sampai di Terminal Kampung Rambutan sekitar jam 8an malem. Harusnya bisa 10-20 menit lebih cepet, tp agak lama karena si Mayasari ini rada-rada ngetem cari penumpang dan ganti sopir di tengah jalan… :hammer:

Oh ya, di terminal Kampung Rambutan ini ada biaya retribusi 200 IDR! Hahah… rada gak percaya jg, ternyata di Jakarta duit 200 rupiah masih kepake juga… :D

retribusi terminal kampung rambutan

retribusi 200 IDR

Sesampainya di Kampung Rambutan kita naik bis patas ekonomi non-ac Perkasa Jaya seharga 55000 IDR. Trayek bis ini Jakarta – Pangandaran. Bis-nya tergolong bagus, yg jelas jauuuuh lebih bagus dari yg dibayangkan sebelumnya!!! :)) Karena ada temen yangg pernah ke Pangandaran cerita kalau bis Jakarta – Pangandaran itu jeleeek. Mental udah down duluan, hahaha… :D

tiket bis perkasa jaya

tiket bis Perkasa Jaya

Bis ke Pangandaran berangkat kurang lebih sekitar jam 9 malem. Sekitar pukul setengah satu dinihari, bis sempat berhenti sebentar. Sekitar setengah jam’an kali ya, bis berhenti di jln. Raya Panday km. 43.3, Nagreg, Bandung. Bisa buat makan-makan bentar ato setor doang ke toilet. Di tengah jalan bis sempat berhenti lagi, kali ini agak lama. Kalo gak salah sih ada sekitar 1,5 jam’an berhetinya, kayanya sih ada yg harus diganti gitu onderdil something. :hammer:

Akhirnya kita sampai di terminal Pangandaran sekitar jam setengah 6 pagi. Gak kebayang ya kalo misal si bis itu gak berhenti lama sebelumnya, bakal nyampe lokasi jam berapa tuh!? ^^ Bener-bener everything happens for a reason ya…. ;)

Dari terminal Pangandaran kita dijemput menggunakan pick-up yang bakal mengantar kita menuju lokasi Body Rafting di Green Canyon sekaligus keliling2 ke beberapa pantai di sana.

Pick up-nya kita book seharga 200rb untuk seharian itu, kebetulan beberapa hari sebelumnya kita emang ditawari oleh pihak pengelola body rafting untuk menggunakan pick-up ini.

Untuk pulangnya, jam 7an malem kita diantar ke terminal Pangandaran. Nunggu sebentar kurang lebih jam setengah 8, ada bis Budiman jurusan Pangandaran-Bekasi. Bis ini sedikit lebih bagus dari bis yg kita gunakan waktu berangkat. Mengenai tarif sama aja sih, sebesar 55000 IDR.

tiket bis budiman

tiket bis Budiman

Di jalan Nagreg-Limbangan, sekitar jam setengah satu dini hari, bis istirahat sebentar. Jam 1an dini hari, si bis melanjutkan perjalanan. Kita sampai di terminal kota Bekasi sekitar jam 4 pagi. Dari terminal kita naik angkot (tauk deh angkot apaan) menuju ke Metropolitan Mall, tepatnya ke tempat mangkal angkot Elf 45 jurusan Bekasi Barat – Cikarang.

Di tempat mangkal 45 ini, kita juga “terpaksa” nunggu juga gara-gara ternyata si angkot belum ready, even si driver aja kayanya waktu itu belum bangun. :hammer: Kayanya jam terpagi elf diberangkatkan itu emang jam 5 deh, tentunya setelah nunggu penumpang full alias 23 orang. :nohope:

Yang penting kita selamat sampai di Cikarang lagi jam 6 pagi kurang2 dikit. Perjalanan dari Bekasi Barat ke Cikarang pagi-pagi sih cuma 20 menit, tp nunggu penumpang penuh itu tuh malah lebih lama. ^_^”

  1. riul says:

    trimakasih info green canyon-nyaa! sangat menolong! btw, itu bus ke Pangandarannya ada yang AC gak yah? boleh tau booking pick up-nya dari mana? thank you

    • bus Pangandarannya saya kurang tau nih ada yg AC apa ga… itu ga pake AC aja jendelanya kebuka sana sini tuh, waktu malem lumayan adem juga. :D
      untuk pick-up nya, waktu itu kami booking sekalian di tour Body Rafting, bisa baca di post saya di sini. gitu ya… semoga membantu… makasih sama2. :)

  2. Putri Ayu says:

    Mba, itu pick up 200rb gampang dicari ga di pangandaran? atau memang harus booking dulu?

    • Mba? Mba siapa ini… :D

      pick up itu kita booking dulu, jadi langsung dijemput karena sudah janjian sebelumnya. kalau di sana kemungkinan besar ya cuma ada angkot2 di terminalnya. bisa booking angkotnya jg tuh. :)

  3. Panji says:

    thanks info dan replynya. saya lagi di bis Gapuraning Rahayu (Masih satu perusahaan dengan Perkasa Jaya). Jam 21.00 Itu bis terakhir. Harga tiket AC Rp60.000

  4. Panji says:

    Ini Masih valid gak ya? Trus bus perkasa jaya yg ke Pangandaran Tiap jam ada Apa jam 21.00 aja? thanks

    • untuk valid gak nya, saya gak bisa jamin 100% ya mas. setau saya tidak hanya jam 21.00 saja, tapi yang sebelum dan sesudahnya saya kurang yakin apa ada tiap jam begitu. :) kalau mau memastikan bisa telp di nomer kontak yang di tiket itu mas (gambar di atas). :D

  5. Tanti says:

    nanya dong, kalo dr terminal pangandaran ke lokasi turismenya, jauh apa enggak? trus di sana gampang nggak cari penginapan yg kelas backpackers? berminat bgt main ke Pangandaran :)

    • kalau dari terminal Pangandaran ke lokasi pantai gak terlalu jauh koq. kecuali kalau mau ke Green Canyon ya, itu lumayan jauh, makanya kita carter mobil. untuk penginapan, di sana banyak penginapan, untuk kelas backpackers sih pastinya ada… jujur aja sih, kemaren itu saya gak nginep di Pangandarannya, tapi sekilas lewat di sana rame banget koq.. :)

  6. Asop says:

    Lho, percaya apa nggak, sebenarnya, di bebrapa kota besar di Pulau Jawa, menurut Perda (Peraturan Daerah) masing2, biaya parkir sepeda motor sebesar Rp. 300,00, bukan yang selama ini yang sering kita bayarkan (kalo naik motor) sebesar Rp. 500,00!
    Mungkin karena malas ngasih kembalian kalo ada yang bayar lebih, dibulatkanlah jadi Rp. 500,00…. :(
    Asop recently posted.. Tampilan Sampul Novel yang Kurang PasMy Profile

  7. alid abdul says:

    naik kereta api tut tut
    alid abdul recently posted.. Trowulan- Pride of JavaMy Profile

  8. Luis says:

    Welehh.. Pulangnya simple kok berangkatnya ribet amat?? :)) btw bis bekasi pangandaran, jadwal keberangkatannya jam brp aja?

    • karena berangkatnya yg dari Cikarang langsung Pangandaran ga ada tuh kalo malem2…
      bisa via Bandung ato Tasik dulu kayanya, tp ya karena janjian sama temen2 dr Jakarta sih, makanya bolak balik deh… ^^

      untuk bis Bekasi – Pangandaran kurang tau ya jam berapa aja, tp di sana itu memang ada pool bis Budiman & Perkasa Jaya itu, kayanya arah Bekasi & Jakarta hampir tiap jam ada deh. waktu itu kita cuma nanya kalo malem2 bisa ke Jkt atau Bekasi, jadi ya udah, yg lewat duluan yang mana langsung sikat… heheh… :D

CommentLuv badge
%d bloggers like this: