90

Beda WhatsApp dan Messenger Lain

Berawal dari sebuah pertanyaan seorang teman melalui status di facebook, yang menanyakan tentang aplikasi WhatsApp dan berkembang jadi ajang diskusi, saya tertarik juga untuk memposting tentang aplikasi ini. Kurang lebihnya yang ditanyakan adalah apakah beda aplikasi WhatsApp dengan aplikasi messenger lain, misalnya Yahoo! Messenger atau Gtalk.

Apa itu WhatsApp? Menurut situs resminya kurang lebih seperti ini :  WhatsApp Messenger sebuah aplikasi mobile messenger yang mendukung multi platform yang bisa menggantikan fungsi SMS dan bekerja menggunakan jaringan koneksi data (internet) yang sudah ada. WhatsApp hingga saat ini mendukung iPhone, BlackBerry, Android dan Symbian S60.

whatsapp-logo

Dengan asumsi para pengguna handphone saat ini memiliki layanan paket data secara permanen, maka bisa dikatakan operasional WhatsApp ini gratis, nggak makan pulsa lain lagi. Maka dari itu, jangan terkecoh dengan iklan yang misal mengatakan bahwa chatting via WhatsApp-an itu gratis… :D

Untuk aplikasi WhatsApp itu sendiri, sifatnya gratis untuk satu tahun pertama. Kita bisa mendownload aplikasinya secara gratis (disini), tapi untuk tahun kedua, kita harus membeli layanan aplikasi ini sebesar $1.99 USD/tahun. Dengan besar biaya layanan “cuma” sebesar itu, kalau memang bermanfaat, saya pikir harga segitu terbilang sangat murah kan!? :)

Untuk lebih lengkapnya mengenal WhatsApp, tentunya bisa langsung mampir ke situs resminya,, terlebih di bagian FAQ-nya, sudah sangat lengkap menurut saya.

Saya sendiri baru menggunakan aplikasi Whatsapp ini sekitar 1 bulanan. Dan dari pengalaman yang belum bisa dihitung lama itu, ditambah hasil diskusi di status temen saya tadi, di sini saya hanya ingin mengambil poin-poin penting pembeda WhatsApp dengan aplikasi mobile messenger lain, dan tentunya menggunakan bahasa orang awam. :)

1. Saat registrasi, tidak membutuhkan data nama dsb, karena pada awal instalasi kita hanya diminta untuk memasukkan nomer handphone. Nomer hp kita ini lah yang nantinya jadi identitas id kita di WhatsApp (mungkin semacam PIN BB pada BlackBerry Messenger/BBM). Apabila nomer HP kita belum ada di daftar phonebook seorang teman kita, dan kita mengirim sebuah message kepadanya, maka nomer HP kita itu yang nantinya muncul sebagai ID. Persis seperti SMS.

2. WhatsApp friend list otomatis load dari daftar phonebook kita. Teman-teman kita yang sudah menginstall WhatsApp otomatis akan terdaftar di daftar teman pada aplikasi WhatsApp.

3. Tidak perlu sistem login seperti di aplikasi chat lain seperti Y! messenger atau Gtalk.

4. Penggunaan persis seperti SMS, tinggal ketik dan kirim, dan ada notifikasi mulai dari “mengirim” – “terkirim” dan “diterima” yang bisa dilihat dari jumlah icon centang di setiap pesan yang dikirim.

5. Untuk bertukar / share gambar – audio atau file lain juga terbilang lebih praktis dibanding aplikasi messenger lain.

6. Ada chat-log (atau chat history) yang tersimpan selama kita belum memutuskan menghapusnya. Konsekuensinya sih nyedot memori hp, tapi bisa di-back’up dengan mudah dengan cara mengirim chat-log tersebut ke email.

Nah, di sisi lain, karena menggunakan nomer HP sebagai identitas di WhatsApp ini, gak sedikit juga orang menganggap bahwa urusan privacy jadi kurang. Ya tergantung bagaimana kita melihatnya sih, kalau menurut saya sih privacy saya tidak merasa dilanggar. :) Anggap saja bila kita siap berbagi “akun WhatsApp” itu sama halnya dengan berbagi nomer HP. Sejauh ini sih saya menggunakan WhatsApp kepada orang-orang yang memang sudah ada di daftar phonebook, bukan untuk disebar-luaskan atau mencari teman khusus chat via WhatsApp. :D

Namun, buat semua yang merasa memang risih dengan masalah privacy nomer HP, bisa dicoba tips untuk menggunakan WhatsApp tanpa harus bagi-bagi no HP. Oh ya, untuk keabsahannya belum bisa dipastikan 100% ya! :D

>> Cabut nomor HP primary, pasang nomor yang lain, register di WhatsApp kemudian ganti lagi ke nomor primary. Nah, yang terdaftar di WhatsApp adalah nomer lain tsb, bukan nomer primary. Resikonya, teman-teman kita pastinya tidak bisa mengetahui bahwa kita menginstall WhatsApp secara otomatis. :)

UPDATE 08 Maret 2012

setelah menggunakan aplikasi WhatsApp selama hampir 9 bulan, satu tips yang saya tulis di atas itu memang bener koq. karena memang basic-nya akun WhatsApp mengikat nomer HP pertama kali yang digunakan untuk registrasi, bila kita mengganti-ganti nomer lain, selama masih menggunakan HP yang sama, akun WhatsApp kita akan dikenali menggunakan nomer yang lama. :)

selain itu, setelah registrasi pertama, kita bisa melakukan chat via WhatsApp menggunakan koneksi wi-fi, tidak harus terkoneksi ke paket data atau GPRS dari operator seluler kita.

 

  1. yussie says:

    mas choky mau nanya, sy lg bingung sebenarnya mo dftar applikasi ini dgn kart primary sy atau sekunder. klo yg primer sya tkutnya ntar di blekangan mhal, solx yg krt ni sy ga dftar pket data (soalx hrus on trs kan?) klo yg sekunder sy pke pket data skalian bt android (I love Android :) sy jd critanya mau dftar pe yg ini aja,… tp otomatis yg gak tau nmr ini/ gda di kontaknya gmn ya… tolong sarannya. makasih

    • wah itu tergantung mbaknya(?) aja ya… pada dasarnya aplikasi WhatsApp ga rakus bandwidth, sebatas hanya untuk chat2 saja, kecuali sering kirim/terima gambar, baru deh mungkin kerasa boros kalau kita internet-an dengan perhitungan GPRS per KB. :D

      tapi bisa juga DIAKALIN, dengan cara pada saat registrasi awal, mbak Yussie memasukkan nomer kartu primary di hape android (sehingga nanti sms notifikasi akan dikirimkan ke kartu primary). nah, setelah urusan registrasi selesai, gunakan nomer sekunder pada hape android tsb.

      Otomatis nanti nomer yang terdaftar pada WhatsApp adalah nomer primary, tp menggunakan koneksi paket data dari nomer sekunder.

      mungkin itu aja sih tips kecil dari saya, semoga bermanfaat. :D makasih sama2!! :)

  2. kalissta says:

    gan , aku udh download whatsapp nih di n97 mini . Tapi loaaaaadddiiiing mulu , udh instal dan uninstall 3x . Punya solusi ngga ??

    • loading knp tuh ya? sudah dicoba untuk download ulang file installer nya? kalau aplikasi lain di hp itu gmn ya? kalau kasus seperti yang disebut, saya juga bingung. solusinya mgkn ganti hape… hahaha… :peace:

    • ollie says:

      @kallissta, pengalaman saya pakai nokia, biasanya loading mulu entah karena koneksi inet/wifi yang lambret, atau memori internal hp yang kecil banget.

  3. rikarika says:

    gan mau naya ni..?caranya untuk cari teman itu bagimna..?atau bsa di cari di no kontak hp sja..?kan kalu cma lwta no kontak di hp kta kan blm tentu tau dia pke aplikasi whatapps atau ngk..

    • di WhatsApp itu bukan cari temen sih, tp lebih memudahkan kita berkomunikasi dengan temen-temen yang sudah ada di Phonebook yang sama-sama menggunakan WhatsApp. :)

      Untuk bisa tau temen kita pakai aplikasi WhatsApp atau tidak, coba lihat di Phonebook yang ada pada aplikasi WhatsApp nya. nanti semua temen yang ada di phonebook HP yang menginstall WhatsApp akan masuk ke dalam list tsb. :)

  4. [...] http://www.chockysihombing.com/2011/06/27/beda-whatsapp-dan-messenger-lain/ Share this:TwitterFacebookLike this:LikeBe the first to like this. This entry was posted in Uncategorized and tagged Chatting dengan Whatsapp. Bookmark the permalink. ← Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak [...]

  5. nhoenk says:

    Gan nanya ya … sy pake HP Motorola, untuk down load whatsapp berhasil, tp kenapa gak bisa dibuka ya ? apa karena filenya apk ? terus caranya gimana biar bisa diinstall ke Hp. Trimakasih sebelumnya, sukses ya Gan

  6. nhoenk says:

    Mas… nanya ya …. Saya pakai HP motorola, saya cb download whatsapp bisa, tetapi gak bisa dibuka, apa krn extentionnya apk ? yg kedua, kalau Hp connect de PC ada 2 pilihan mass storage sm com port, apa sih funsinya com port, apakah bisa dipakai buat modem ? Trimakasih ya mas.

    • Motorola nya tipe apa nih? kalau android, harusnya mah pake APK itu sudah bisa langsung diinstal. tapi kalau blm ber-OS, hape ber-Java aja, saya kurang yakin nih bisa apa ga diinstal whatsapp.. :) kalau com port itu biasanya untuk debugging, ngoprek atau juga buat sebagai modem itu. mungkin segitu dulu info dari saya, maaf baru sempet balesin. hehehe…. :D

  7. dwinzdy says:

    kak,,WhatsApp di sony ericson X8 q kok susah ya nginstalx???
    caranya yg bner gmna sich????
    bgi ilmunya yaa,,,
    mkasih

    • Sony Ericsson X8 itu ber-Android kan ya? susah gimana ya? setau saya tinggal download aja APK nya (file aplikasi), atau cari di market, langsung deh instal aja. ada erornya kah?? maaf baru sempet balesin ya… :)

  8. tale says:

    whatsup emang canggih bro, ini aplikasi bisa nggantiin BBM buat kalangan menengah kebawah yang ingin ngerasain BBM namun gak kebeli, hehehe, sudah support platform JAVA juga, jadi HP murah pun bisa diisi dengan applikasi ini.
    tale recently posted.. Lady Gaga Will Release ARTPOP AlbumMy Profile

    • jangan salah lho… hape2 android atau iphone itu harganya malah jauh lebih mahal dari BB yang pasaran. :D
      menurut saya sih pengguna BBM sekarang jg bukan kalangan menengah ke atas doang. :) tapi dari pengalaman nyoba2 aplikasi sejenis di android, paling simple dan enak buat saya ya WhatsApp ini. :D

  9. salam kenal, mas chokky

  10. seandainya whatsapp bsa invite memakai PIN BB.,., pasti seru N mngasikan!

  11. muchlis says:

    owhh begitu..terimakasih info nya gan..sangat brmanfaat
    muchlis recently posted.. Dell Optiplex GX 745 Pentium D cpu built-up/branded Tower desktop bekasMy Profile

  12. Yuri says:

    Hallo ,,,
    pake whatsapp kan gprs-nya standby terus tuh, kira2 lama2 mempengaruhi kinerja baterai hp ga sich ?!
    Aku jg pernah browsing tentang cara mutusin sambungan gprs aplikasi whatsaap, ada sih caranya, sayang itu cuma berlaku buat symbian, sementara hpku nokia C3-00. Klo ada yang tau caranya, mohon share ya ,,,

    • halo juga… :)
      gprs online terus pastinya, dan tentu aja kondisi gprs yang selalu ON akan berpengaruh sama daya tahan battery hp.
      lagian, kalau misal sambungan gprs disambung putus gitu, sama aja whatsapp-nya ga online setiap saat dong ya? :D maaf deh, sampai saat ini saya belum tau caranya mutus gitu2. hehehe…
      ya seperti yang saya tulis di atas, bagusnya sih pake WhatsApp itu memakai paket data (GPRS) yang berlangganan bulanan, bukan dihitung tiap kb gitu, malah repot ujung2nya. kecuali kalau memang alasannya untuk menghemat battery ya. :D

      • papypokopant says:

        kalo pake aplikasi yang diharuskan memakai gprs tentu saja akan lebih menguras baterai whatsapp dan BB sama juga. Hanya saja kalo BB ga terlalu suka karena hanya bagi pengguna BB aja komunikasinya sedangkan Whatsapp bisa dengan iphone dan smartphone operatornya apa aja asal sudah di install aplikasi whatsappnya di handphonenya. Ogah beli BB hanya untuk BBm an aja. kalo tujuan gitu mah mending beli hp 100 ribu ajah sms an biasa.

        • hehehe… semua kembali tergantung tujuan pemakaian gadget nya ya. kalau saya mah sejauh ini tetep belum minat pake BB, dari model2nya aja ga ada yang suka. :D makasih makasih sudah nyasar di blog saya. :)

    • klu gw si bka aplikasi e-mail lalu mncul bacaan begini: tutup sbgian aplikasi… lalu gw plh ajj aplikasi whatsapp” trtutup dah aplikasi nya

  13. henry says:

    halo saya henry. dulu saya instal whatsapp dengan kartu XL di HP nokia X3. kemudian HP itu saya jual, lalu sekarang saya memakai Galaxy Young. saya install whatsapp di Galaxy Yong dengan memakai kartu XL yang pernah saya daftarkan di Nokia X3. Pertanyaannya, apakah pesan-pesan whatsapp saya selama ini masuk ke Nokia X3 yang sudah saya jual tersebut? saya sangat mengharapkan informasi dari anda. terima kasih :-)

    • halo bro…
      pesan2 di WhatsApp itu disimpan di lokal hape kita. seperti SMS begitu lah, kita perlu menghapus berkala juga karena kan mau ga mau lama kelamaan chat history bikin penuh memory hape. misalkan kita ingin menyimpan chat history, kita bisa back’up dgn cara kirim via email. begitu mas bro.. semoga membantu, terima kasih sama2. :)

      • Arma says:

        Sore mas
        tmen saya prnh nanya aplikasi whatApp bs untuk c2-03 gk….??
        Mksih jwbn ny:)

        • selamat sore juga… (sore beda hari) :)
          c2-03 itu nokia ya maksudnya? setau saya sih skrg sudah ada aplikasi whatsapp yang bisa diinstal di hp2 berbasis java atau non-OS. tp bagus, stabil atau gak nya, saya kurang ngerti deh, blm pengalaman sih untuk whatsapp selain versi android. :)
          makasih sama2, sorry baru sempet bales.

  14. EdyPopII says:

    Yang punya whatsapp, ksih ke aq nomornya dong, soalnya lagi nyari teman nih di whatsapp.. Aku juga punya whatsapp..

    Ini noq 082187958011
    EdyPopII recently posted.. Mainkan Game Tekken Di Handphone AndaMy Profile

  15. bastomi says:

    sdah
    yg saya tanyakan wkt memasukkan no hp saya sllu failed,apkh hrs ada pls baru bisa….

  16. bastomi says:

    mengapa saya registrasi whatsapp tidak bisa padahal saya suda masukkan no hp q

  17. uzanks90 says:

    karena ga punya hape yg pake OS jadi ga tau whats app itu apa… hehe

    lewat postingan mas jadi terbantu saya yg tdak tahu ttg what app itu..

    nice posting!
    uzanks90 recently posted.. Mengenal Google File SystemMy Profile

  18. jimmy63 says:

    whatsup emang lebih gampang sihh dan lagi eksis aje hehehe
    jimmy63 recently posted.. Siri Akan Melengkapi Semua Produk AppleMy Profile

    • dienkoe says:

      yg asyik ya karena bisa lintas itu… komunikasi antar pengguna BB, android, iPhone dan symbian.. apalagi skr byk kontak BB yg pindah pake android, whatsapp inilah jembatannya untuk keep in touch :-)

      • apalagi kalau sampe BIS di sini ditutup, wah langsung rame pasti ya (baca : geger) hahaha… :D
        menurut saya memang sejauh ini yg bikin orang2 demen pake BB karena fitur BBM-nya, toh kalau push-mail, browsing dsb hp android atau os lain juga sudah ok. :)

  19. Imam says:

    Mas Chocky, kalo buat motorola V6 bisa gak yah?.

    • itu hape yang mana ya? kalau gak salah V6 itu masih belum ber-OS kan ya?
      setau saya sih WhatsApp belum menyediakan aplikasi untuk platform Java, jadi di luar hape android, iphone, BB atau symbian kayanya masih belum bisa. makasih ya sudah nyasar di sini… :)

  20. tyatya says:

    Nanya donk…
    Saya ganti HP, trus saya install ulang whatsapp di HP baru dengan nomer yg sama. Tp kenapa ga bisa ya? Register’nya lamaaa banget…
    Kudu diapain ya??
    Mohon info ya buat yg tau…
    Thanks

    • halo…
      hm…, kalo menurut sepengetahuan saya ya, karena pada dasarnya whatsapp itu semacam nge-lock dgn nomer HP kita, bisa jadi karena nomer yg lama itu dideteksi sudah ter-register di system whatsapp, makanya waktu mau register baru gak bisa.
      apa sudah pernah dicoba untuk uninstall whatsapp di HP yang lama? siapa tau uninstall whatsapp itu semacam unregister di systemnya sana, jadi kita bisa register nomer yang sama. :)

      dicoba aja ya, syukur-syukur bisa sukses, belum pengalaman jg untuk kasus ganti HP gitu.
      makasih sama2 sudah nyasar di blog saya. :)

  21. ellalae says:

    saya jg pake whatsapp! hihihi..
    cm klo lagi delay, ya ampun, nyebelinnya luar biasa..
    kata tmn2 saya yg pk BB sih, kalau di BB aplikasi ini berat, bikin lemot dan boros batere.
    makanya kbanyakan tmn saya yg udh ber BB mrasa ga butuh whatsapp lagi..
    menyebalkan. hahaha
    ellalae recently posted.. it’s wiken!!!My Profile

  22. andiaz says:

    Nah…. Karena kau sudah tau yg judulnya ‘memaksa’ skarang mungkin kau mengerti knp ak gotong2 ni android sm bb ku yg sudah mulai usang :D

  23. arif says:

    saya dah lama gak maen chatting kek gini, dulu pake mig33. tapi sekarang seringan YM pake kompi. dan hp juga gak disupport sama whatsapp :-(
    arif recently posted.. Percepat Blog dengan CloudFlareMy Profile

  24. Christ Pratama says:

    Aplikasi whatsapp itu gratis,tp HANYA UNTUK PEMAKAIAN SELAMA SATU TAHUN
    setelah itu,harus bayar

    • iya emang bener, makasih untuk info tambahannya… tapi kalau saya tidak salah ingat, harga aplikasi ini “cuma” seharga 2USD, saya pikir sih murah banget lah untuk harga aplikasi yg emang terasa punya manfaat lebih… :)

  25. arief says:

    trus kabarnya gx bisa pake foto profil eaaa….???
    sdangkan BBM bisa???

    • Andiaz Uno says:

      Awak bantu jawab ya..

      Secara fungsional, enak BBM..
      Faster, lebih reliable, Groups bisa lebih banyak, groups lebih interaktif.
      BBM calendar terkoneksi dengan alarm notifikasi & bisa sync ke Google Calendar.
      Foto profil is not avaliable in whatsapp (tp foto muncul kl user save picture temannya di contacts)
      Di BBM ada notifikasi :
      - Unsent, sent, delivered, read
      di whatsapp jg ada sih, tp kurang informatif

      Tp prosnya whatsapp :
      Lots Cheaper…
      Paling sebulan abis 5-10rb kl gak subscribe paket data..
      Compare with blackberry.. three yg paling murah paket chatting/mail 40rb+ppn
      Bisa cross jaringan…
      Gak terikat 1 nomor telpon, kl BBM pake PIN.
      Otomatis ngeadd temen2 km yg ada di contacts
      You can install this on your old nokia worth 700rb rupiah.. :D
      You can install on a smartphone, coz Blackberry is not a smarphone karena bolot, lemot, butuh banyak perawatan, *clear log, clean RAM, blablabla, tp itu menurut saya pribadi sih :p

      Anyway saya Memakai BBM karena komunitas saya rata2 BBM users (terpaksa :’( )
      And use whatsapp on my android…
      Tp sedang mencoba pelan2 ignore tu BBM :p
      Andiaz Uno recently posted.. Windows 8 Preview versionMy Profile

      • makasih bos uda bantuin jawab… apa kabarnya nih? aku barusan keluar dari militer sebulan nih… :D
        dan setelah 2 bulan di sini, keknya kalau misal suatu hari aku mutusin make BB pasti cuma gara2 komunitas yang “memaksa” nih… :hammer:

    • itu sudah dibantu dijawab ya… baru bisa onlen setelah sebulanan nih… :)

      singkatnya, foto profil WhatsApp tuh diambil dari foto di phonebook kita, itu nanti yang bakal tampil di hape kita, gak bakal tampil di hape orang lain.

  26. arief says:

    apa sih bedanya BBm ma Whatsapp??
    mmurut loe mana enakan BBm ato whatsapp??

  27. arif says:

    sayangnya masih lum ada versi S40, padahal walaupun bukan smartphone tapi kan emang s40 banyak penggunanya…
    arif recently posted.. Menghemat Penggunaan Memory RAM WindowsMy Profile

  28. subhan says:

    add aku yh 08998690026..
    Trimkasih..

  29. dnyzkidz says:

    kalo temen blm pny app gmn y?
    kan g semua org yg pny BB tu install app iini..
    mohon pncerahan.. :)

    • ya logikanya dibalik aja sih, kan gak semua orang punya BB (BBM)… :D

      jadi intinya, kita bisa berkomunikasi via WhatsApp kalau memang kontak kita juga instal aplikasi WhatsApp ini.
      Bedanya dgn BBM, WhatsApp gak perlu minta-minta nomer PIN, otomatis terdeteksi siapa siapa saja yang sudah install WhatsApp asal kita sudah menyimpan nomer hp tersebut di phonebook kita. :)

  30. rifkiiki says:

    uda pke paket BIS yg chat ma sosial, tp kok pulsa ak masih disedot jg yaaa..???? minta info nya.. thx…

    • kalau kasusnya seperti itu, bisa ditanyakan ke operatornya aja, bisa jadi data yang digunakan buat whatsapp gak termasuk ke dalam paket BIS Chat & Social itu.
      Bisa jadi koneksi whatsapp dianggap seperti data yg digunakan untuk browsing (misal pake Opera Mini), jadi tetep kena potongan pulsa. :)

  31. Rusa says:

    udah punya aplikasi chat yg satu ini, tapi blom tak [ake :)
    Rusa recently posted.. Bung Ijo Sahabat Rusa MemasakMy Profile

    • kenapa gak dipake mas? temen2nya disuruh install whatsapp aja sekalian mas. hehehe…
      tp saya jg gak tiap hari make koq, kalo pas butuh aja atau lagi pengen iseng chattingan sama temen. :D

  32. @helgaindra says:

    tapi bukannya kalo internetan make gprs/edge itu bayar ya?
    kalo make wi-fi sih ga magalah
    @helgaindra recently posted.. 4 Situs Kompetisi Desain T-Shirt LokalMy Profile

    • bagi yang nggak langganan internet sistem paketan sudah pasti bayar buat koneksi internetnya mas.
      tapi meskipun bayar internet per-kb, harusnya tetep lebih murah daripada tarif sms, karena datanya cuma kecil koq, teks doang. :)

  33. Miftahgeek says:

    Kalo kita ga langganan paket internet, masih bisa dipake ga itu kang? Barangkali bisa, tapi dikenai biaya pulsa per kb nya aja gitu.

    • ga langganan g pp sih bro, selama koneksi GPRS di-ON-in terus tetep bisa dipake-pake aja.
      lagipula setauku, Whatsapp ini cuma butuh data kecil koq, karena cuma buat nampilin teks doang…, jadi kalau emang terkena pulsa per-kb pun pasti kalau dihitung-hitung jatuhnya lebih murah daripada sms biasa. :)

  34. Olive says:

    Hampir sama ma MXit kayaknya… cuman MXit itu agak ribet kalo versi yang diguna’in gak sama antara 1 user ke user yang laen.

  35. Ladeva says:

    Buat aku sich Chock, Whatsup ngebantu banget untuk komunikasi dengan teman atau kakak yang di luar pulau atau lain benua. Praktis :)
    Ladeva recently posted.. Cerpen “Jika Cinta Jangan Lepaskan”My Profile

    • bener tuh, praktis bgt. kalo pengalamanku sejauh ini, yg kerasa enak bgt itu selain praktis, masalah sharing image-nya itu tuh..
      daripada MMS lama, pake aplikasi chat lain jg ribet. :)

  36. andiaz says:

    Kalo pengguna BBM di jakarta udh berkurang baru bisa ngalahin bbm keknya :D
    Paket data dari nomor2 operator ‘besar’ masih relatif kurang terjangkau sih…
    Contoh indosat mobile, udh bayar 100rb masih cmn dapet 30mb…
    untuk yg tekhless (kata halus gaptek :p) kynya pilih pake BIS full 99rb tau beres deh masihan..
    andiaz recently posted.. What to do while you are sick and can’t go anywhere?My Profile

    • ah, kalo Indosat itu emang paket datanya mahal tuh… apalagi yg program Indosat Mobile itu, 30 MB itu dapet apa tuh jaman sekarang. Pede juga tuh marketingnya. :D
      mungkin untuk ngalahin BBM (khususnya di Jakarta) masih butuh waktu sih, apalagi kan paket BIS jg ada yg murah2 tuh, tp fiturnya disunat sana sini.
      btw, udah sehat mas? :)

  37. giewahyudi says:

    Wah sayangnya saya bukan pengguna Nokia..
    Akankan mengalahkan BBM?
    giewahyudi recently posted.. Bintang Tidak Selalu Harus BersinarMy Profile

CommentLuv badge
%d bloggers like this: