117

Pusat Belanja Oleh-oleh di Korea

Beberapa tempat pusat belanja oleh-oleh di Korea Selatan yang cukup saya rekomendasikan, hasil praktek di lapangan selama beberapa kali. Meskipun judulnya di Korea Selatan, tapi sebenarnya ketiganya terletak di kota Seoul, ibukota Korea Selatan itu sendiri. Aselinya ada banyak tempat belanja di Korea, terlebih untuk belanja pakaian dan semacamnya, tapi ini yang kira-kira bisa saya rekomendasikan, hehehe… :)

Namdaemun Market

Namdaemun, inilah satu-satunya pasar di Korea yang paling sering saya kunjungi. Selain memang di sini pusatnya oleh-oleh pernak-pernik tradisional ala Korea, lokasinya juga strategis banget. Lokasinya sangat dekat dengan jantung kota Seoul (City Hall). Menggunakan MRT (subway train) line 1, kita bisa pilih turun di stasiun Seoul City Hall atau Seoul Station. Yang paling dekat sih turun di Seoul Station, ambil Exit Gate 6 dan tinggal jalan beberapa menit. Kalau pilih turun di stasiun Seoul City Hall sih memang jalan lebih jauh, tapi positifnya bisa sekalian jalan di salah satu jalanan utama kota Seoul. Sering juga di taman di depan Seoul City Hall itu ada event-event tertentu.

Di Namdaemun banyak ditawarkan barang-barang mulai dari baju, tas, alat masak hingga ginseng Korea yang terkenal. Di sini juga pusatnya pernak-pernik tradisional khas Korea yang bisa dijadikan oleh-oleh. Barang-barang seperti gantungan kunci, gantungan hp, boneka, hiasan dinding, dsb mudah ditemui di sini. Menurut saya sih daya tarik di sini karena pernak-pernik tsb dijual dengan harga yang relatif lebih murah daripada di tempat lain. Tentunya masih perlu ditawar yah! ;) Oh ya, jangan lupa juga untuk bawa hape, atau kalkulator kalau perlu, supaya nego harga bisa berjalan dengan baik tak terkendala bahasa. :D

Namdaemun Market

Lagi rebutan baju obralan di Namdaemun

Salah satu sudut kios-kios di Namdaemun

Pernak-pernik tradisional ala Korea - Namdaemun

Sedikit tips, meskipun nggak selalu, tapi rata-rata harga pernak-pernik tradisional lebih murah yang dijual di kios-kios yang ada di dalam gedung daripada yang dijual di kios-kios di pinggir jalan. Nah, kios-kios yang ada di dalam gedung itu kalau hari Minggu tutup, jadi lebih enak kalau ada rencana ke Namdaemun datanglah SELAIN hari Minggu. :)

Oh ya, di Namdaemun ini juga terdapat pasar kamera. Kalau dilihat sekilas sih yang ada di sini didominan kamera dan aksesoris kamera-kamera SLR. Itu bisa dilihat dari isi etalase yang ada terlihat di sepanjang jalan.

Pasar Kamera di Namdaemun

 

Insadong Market

Di Insadong ini tipe barang yang ditawarkan sebagian besar mirip dengan pernak-pernik tradisional di Namdaemun. Hiasan dinding, gantungan hp, boneka-boneka tradisional, dsb. Yang membedakan adalah tata lokasinya. Di Insadong ini tidak seperti pasar-pasar pada umumnya, tapi berupa sebuah jalan yang cukup panjang dengan toko-toko di kanan kirinya. Dibandingkan dengan Namdaemun market, Insadong jelas lebih “berbau” pariwisata.

Dengan lokasi yang lebih rapi, teratur dan bersih dibandingkan Namdaemun, harga-harga barang yang sama di sini relatif lebih mahal. Tapi, kenapa direkomendasikan? Karena di Insadong ini terdapat beberapa barang yang mungkin tidak bisa ditemui di Namdaemun, tentunya yang kualitasnya biasanya lebih bagus. Contoh paling gampang sih biasanya kaos-kaos bersablon timbul yang harganya sekitar 10ribu Korea Won per buah. Pengalaman saya sih, kaos-kaos seperti itu jarang ditemui di Namdaemun.

Lokasinya cukup nyaman buat sekadar jalan-jalan, di sini juga banyak yang menjajakan makanan-makanan jajan pasar ala Korea. Eh iya, ada juga beberapa penjual Dondurma alias Turkish Ice Cream. Siap-siap aja dikerjain! :D Biasanya sih yang lebih iseng dan lihai ngerjain itu yang penjualnya masih asli orang Turki, at least mukanya tipikal muka TimTeng lah. :D *no sara*

Untuk menuju ke Insadong, kita bisa menggunakan Subway line 1, dan berhenti di stasiun Jongno 3-ga (dibaca Jongno sam ga).

Suasana jalanan di Insadong

Suasana jalanan di Insadong

Salah satu kios oleh-oleh di Insadong

National Souvenir Center - Insadong

 

Dongdaemun Market

Buat yang doyan hunting pakaian dan aksesorisnya, sepertinya Dongdaemun gak boleh terlewatkan. Kenapa? Karena di Dongdaemun ini isinya baju, baju, baju dan baju! :)) Gak melulu baju sih, tapi juga aksesoris-aksesoris pendukung penampilan semacam sepatu, celana, jaket, tutup kepala hingga peralatan kosmetik ini itu. Memang di Dongdaemun ini semacam satu komplek pasar besar yang terdiri dari beberapa pusat perbelanjaan.

Kalau masalah harga sih menurut saya sangat bervariatif, tapi memang kadang kala harga-nya bisa sangat murah untuk sekelas pakaian yang ditawarkan. Oh ya, para penjual di sini akan mengatakan “it’s made in Korea, not China!” kalau mereka tidak setuju dengan harga yang kita tawar. Memang sejauh pengalaman sih produk-produk Korea itu kualitasnya (lebih) bagus, meskipun murah.

Fashion Town - Dongdaemun

Pasar baju di Dongdaemun

Pasar kosmetik di jalanan - Dongdaemun

Pyounghwa Clothing Market - Dongdaemun

Ada satu mall bernama Doota Mall, yaitu high-class fashion shopping mall. Nah, kalau di sini ini harga pakaiannya dibanding yang kelas bener-bener pasar ya bagaikan langit dan bumi, bedaaa jauh! :D Di dalam Doota Mall ini, ada satu ruangan khusus, yaitu Women’s Powder Room – aseli penasaran dalemnya kaya apaan!! :))

Women's Powder Room - jangan heran kalau ada ruangan ini di dalem mall :D

 

Untuk akses ke Dongdaemun bisa menggunakan subway line 1 dan berhenti di stasiun bernama Dongdaemun itu sendiri. OK, happy shopping!! :)

  1. Fekalila says:

    Hi Chocky.. Mau ty aku berencana mau ke Korea, kira-kira bulan February atau awal March cuaca disana masih sangat dingin ga ya? kami berencana ke Ski resort disana tp karena mama saya ikut saya khawatir juga kalo cuaca terlalu dingin. Terima kasih…

  2. Toni says:

    Surganya para wanita untuk memuaskan keinginan berbelanja barang2 made in korea :)
    Toni recently posted.. Tentang & Cara Membuat Resapan Biopori, Air Hujan Menjadi Air TanahMy Profile

  3. D Sarah Ayu says:

    waaaaah, blognya bagus nih. Info nya bermanfaat buat saya yang demen korea haha :D

  4. Bulan says:

    Gara2 buka kalender jadi nyasar ke sini terus ketawa sendiri karena kok kamu penasaran sama Woman Powder Room. Hahaha. Itu ruang touch up biasa, Chock. Kayak toilet ajah. Hihihi.

  5. Yeni says:

    Bang …ajarin bikin blogg….:(

  6. cecilia says:

    hmm bang, mau nanya, kalo utk barang-barang di korea itu lebih murah yah dari Indonesia? (utk barang yg sama loh yaa..)
    trus berapa nilai won yang paling rendah disana?
    kayak di Indonesia kan Rp.25 nilai rupiah paling rendah.. :)
    makasih…

    • ga bisa dibilang lebih murah sih… kalau elektonik gitu2, kurang lebih sama lah. contoh lain untuk ngebis rata2 1000 KRW alias sekitar 7-8 ribuan IDR, padahal bis kota biasa tuh. :D
      Kalau keperluan lain macam, beras, telur, etc gitu ya masih lebih murah di Indonesia koq.
      kalau baju, menurut temen Korea saya, 50ribu KRW (atau setara 400ribuan IDR) itu tergolong murah, karena daya beli masyarakatnya yg cukup tinggi. Kalau menurut saya sih harga2 pakaian, tas, dsb itu relatif kali ya… harga mgkn jatuhnya sama, cuma modelnya aja di sana mgkn kesannya lebih update :D

      kalau nilai paling rendah di sana, duitnya sendiri sih sebenernya koin 1 KRW tapi di pasaran nominal paling kecil yang banyak digunakan adalah 10 KRW. untuk nilai maksimalnya adalah duit kertas 50rb KRW.

      mungkin itu ya informasinya… semoga menjawab pertanyaannya. makasih sama-sama ;)

      • abiendd says:

        Ikutan berbagi cerita y Bang chocky..
        klo pengalaman gw belanja d korea (Paju premium outlet, dotta, Coex, Namdaemun, Myeong dong) barang-barang seperti pakaian, celana, sepatu & tas, untuk yang sudah punya brand lumayan dikenal sperti Nike, reebook, Zara, puma, etc. lebih murah di korea bang, mungkin di Indonesia Tax-nya lebih besar, jdi ketika barangnya masuk ke indonesia harganya jadi lebih mahal. contoh : temen gw beli Tas puma warna abu-abu di indonesia harganya 1.2Jt, gw beli d Paju premium outlet harganya hanya 63rb Won (skitar 500~700rb rupiah) lumayan kan bang bedanya..

        Gw fikir sih karena kebijakan Tax di indonesia deh Bang, yang bikin harganya jadi lebih mahal d Indonesia.. ^^V

        • kalau beli Nike atau Reebok gitu2, perlu dicek ulang lho, “Made in Indonesia” bukan?? :))
          kebetulan saya jarang beli pakaian sih selama di sini, jadi kurang tau kisaran harga pakaian di sana dibanding di sini gimana, hehehe…

          • abiendd says:

            iya tuh bener.. kmren beli PUMA made innya Jerman tuh bang.. hehehe..
            biasanya ati” kalo beli pakaian, sukanya celana, kemeja atau kaos made in indonesia tuh.. klo sweater biasanya made in Vietnam..

            Ati” kalo ke “Basic House” d Myeong Dong, celana CHinonya made in Indonesia.. hahaha..

  7. LisyeZhang says:

    Wah, keren banget infonya..
    thank yah.. sangat bermanfaat sebelum menuju korea.. :)

  8. hilda says:

    Malam Bang Chocky,,,

    Mau tanya donk, ada info beli Korea rail pass ga di Jakarta?
    Di tunggu bgt infonya..

  9. Ninassya says:

    Mau tanya dongg bang,klo buat hotel tujuan belanja baju dan kosmetik enakan di myondong/dongdaemun?ada rekomen hotel.hehehe tengkyuuu

    • kalau untuk rekomendasi hotel, kayanya saya blm bisa kasi rekomendasi nih. blm pengalaman masalahnya kalau urusan hotel2an di sana, hehehe… maaf ya baru respon, dan maaf kalau blm bisa membantu. :D

  10. opie says:

    oh akomodasi di tanggung lo smua gt.hahaa iya ok ok..
    hrg tiket ksna brp? oya perbandingan mata uangnya.misal 100won itu brp rupiah..

  11. opie says:

    Keren info nya tentang liburan di korea . Klo gw mau ke sna (korea) lo choky temenin gw kn lo udh sering kesana.. Hehee

  12. Emma says:

    bg Chocky,

    dari sebanyak ini koment, kenapa bulan Maret ngga pernah disebutin jadi bulan yang di rekomendasiin ke korsel TT___TT….
    btw, kalau mau ke Busan, ada rekomendasi tempat yang bagus ngga yah?
    Ada tour guide gratisan ngga di Seoul or Busan?? huakakak..

    thanks in advance bg! :D

    • hehehe… awalnya ada rencana jg, ttg musim-musim apa aja yang rekomended di Korea sana, tapi belum sempeeeet terus, sampe akhirnya uda ada jeda beberapa bulan gini… :hammer:
      untuk bulan Maret, msh cukup OK koq, sisa-sisa musim dingin. :) nah, kalau ke Busan, justru saya blm sempet ke sana nih. waktu itu cuma nge-plan nge-plan doang belum sempet merealisasikan… *halah* makasih sama-sama sudah mampir di sini. :D

  13. eave says:

    powder room = toilet bang chocky…. :)

  14. hudan says:

    bang choky kalo hotel yg dekat masjid di itaewon apa yah dan kalo hp hars ganti kartu korea atau ngga ..thanks

    hudan

    • wah maaf nih, untuk daerah Itaewon saya ga ngerti deh hotel apa saja yang ada di sana. cuma tau masjid nya doang di sana. hehehe… :D
      untuk HP, kalau cuma traveling bbrp hari di sana, ga perlu ganti kartu kalau mau tetep komunikasi. syaratnya 1 aja, hape 3G aja supaya bisa nangkep sinyal operator2 di Korea. Untuk roaming internationalnya, pastinya silakan dicek ke masing2 operator GSM ada kerjasama apa ga untuk roaming international di Korea. :)

      maaf banget yaaa baru sempet bales. :hammer: makasih sama-sama… :)

  15. Hidayat says:

    Pak Choky, kalau kita mau mencari gadget bekas di seoul dimana yah ?

    • wah, maaf nih… untuk lokasi yang jualan gadget bekas saya kurang tau nih. :D
      tp sebagai informasi saja, untuk pusat elektronik bisa coba ke Yong-San, di sana ada mall besar yang isinya elektronik, gadget, dsb dsb. maaf ya baru sempet balesin… :D

    • Calista oma says:

      Moga2 bisa bantu info nih Pak…. sepengalaman saya bisa cari di itaewon ato di ansan. Temen2 kami pada dapet iphone, ipad second dari sana tapi hati2 pak kadang hp di korea di lock sama operatornya jadi sistem sana kalo hp baru ada identitasnya so kita harus tanya dulu ini sdh unlock belum?? karna nantinya kalo dipake di luar korea ngak bisa aktif pake kartu apapun… Kalo di itaewon yg jual orang2 arab gitu, kalo ansan kadang yang jual orang indo.. semoga membantu..

      • wah, makasih nih tambahan infonya! :D tp bukannya di sana itu basisnya CDMA ya? karena pernah iseng cari yang GSM, muterin mana2 tetep aja ga dapet. haha…

        • Calista oma says:

          Ember.. korea demen banget tegnologi cdma, memang hp2 nya pun cdma yang model2 samsung, lg, anycall, sky, oz dkk mau kita bawa ke Jakarta ngak bisa on, yang bisa dibeli itu ya apple product, galaxy, hp Lte. Cuma harga secondnya iphone 4 disana tahun 2011 cuma 500 won sekitar 4,2 jt barang mulussss banget like new (itu murah loh…).

          Kalo punya hp cdma korea, aku punya 3 loh… (2 hp new dikasih, 1 hp bekas beli di ansan dng harga 10.000 won) yang tadinya mau ku kasih ahjuma cleaning service semua, kata kawan se Gereja eh… jangan dibuang bawa aja hp nya (ke grogol yg service hp2 itu, lupa eh nama tempatnya…) bisa tanem kartu cdma kita macam esia gitu…

          • wiih, banyak aja hape nya. boleh dong kaka dilempar satu ke sini… hehehehe…. :)) sekali lagi, makasih untuk tambahannya informasinya, nanti kalo sempet saya bikin lanjutan post ttg korea ini. informasi tambahannya ntar saya masukin ya… hehehe…

  16. dewimsito says:

    halooo mas chocky hhehe ..
    saya tiba2 masuk nih di blog ini ..
    saya baca dari part 1 sampe part 5 ..
    kereeeeeen blognya !!
    like this lah hehehe

  17. [...] References: - http://www.chockysihombing.com/2011/11/12/pusat-belanja-oleh-oleh-di-korea/ [...]

  18. Intanti says:

    hi Choky,
    Salam kenal, saya mau tanya tanya dikit ttg Korea. Bulan apa yang ideal untuk berkunjung kesana?Saya rencana traveling kesana awal Juni 2013. Pengalaman saya waktu ke Taiwan Juli 2010 udaranya lag panas sekali dan anak saya demam, krn anginnya kencang dan panas. Bisa share ttg musim yang bagus untuk traveling di sana dan untuk air mineral kemasan di sana apakah betul mahal sekali harganya?
    Kalo bisa saya minta dibales lewat email.
    Thanks,

    • salam kenal kembali mb Intanti… :)

      bulan kapan menurut saya ya tergantung selera, hehehe… tiap-tiap musim memiliki sisi unik & positifnya. Mungkin sih paling mending jangan pas musim panas kali ya, karena selain hawanya yang panas, juga lumayan sering turun hujan. :)

      saran sih mending bulan-bulan April-Mei saat musim semi, jadi hawanya masih sejuk, ga terlalu panas. atau bisa juga bulan-bulan september-oktober yang mulai masuk ke musim gugur. konsekuensinya pasti ya perlu bawa baju hangat buat persiapan, kali aja suhu tiba2 jatuh ke suhu rendah. :D pastinya beberapa hari sebelum berangkat perlu liat laporan cuaca di sana ya, biar bisa ada persiapan. :)

      untuk air mineral… hm…, selama ini jarang beli air mineral di sana. :)) maaf nih, saya malah ga pengalaman. biasa bawa dari hotel sih, masak sendiri, hahaha… :)) seinget saya ga mahal-mahal amat untuk air mineral, mahalan di singapura kayanya. maaf kalau ternyata salah. :D

      ok, segitu dulu ya… semoga membantu. nanti jawaban ini saya kirim via email juga ya. :) makasih sama2 sudah nyasar di sini. :D

  19. dillaa says:

    mas law bolee twue udah brapa x ni ke korea…..
    please replay y mas..
    gamsahamnida oppa….

  20. Ford says:

    Halo,

    Saya mau tanya klo untuk beli oleh2 atau souvenir dimana ya tempat recommended nya ? trus kira2 estimasi biayanya berapa ? :) Tx

    regards,

    Ford

    • lah, yang ditanya yang gimana nih? post saya di atas kan sudah saya tulis tuh bbrp tempat yang saya rekomendasikan. :)
      kalau masalah estimasi biaya, ya tergantung mau beli oleh2 apaan. kalau pernak pernik kecil seperti key-holder, tempelan kulkas, pembatas buku, gantungan hp, dsb, jumlah 500ribu IDR itu sudah banyak menurut saya. tapi kalau mau beli topeng2an, hiasan dinding dsb, 500rb cuma dapet bbrp biji doang tuh. :D

      mungkin segitu aja, semoga membantu… makasih sama2. :)

  21. lalala says:

    tp saya bener2 nyasar masuk blog ini. hehehe…. jadi pengen ke korea. sekarang harus rajin ni.. buat kumpul uang jalan jalan kesana. hotel disana mahal g ???? trz kl mw bl apartemen mahal g ya???? pengen bgt bl 1.
    thanx y

    • maaf nih, untuk hotel saya malah ga ada pengalaman di sana. biasa ke sana tidur gratis sih… :peace: tp sejauh yang saya tau, budget hotel di sana jg lumayan banyak pilihan koq, pastinya dgn harga yang gak terlalu mahal. kalau untuk apartemen, yang saya denger dari cerita temen2 di sana, justru cukup mahal. urusan tempat tinggal, Korsel memiliki biaya yang cukup tinggi sepertinya. itu yang sejauh saya tau ya…, maaf aja kalo kurang valid. :)
      makasih sama2 apalagi kalau emang beneran nyasar di sini. :D

  22. mey says:

    Akhir Tahun ada rencana mo ke korea Tahun baruan di Sana…
    met kenal yach Chocky…

  23. mey says:

    aku suka info tentang korea nya…
    suatu saat nanti aku nanya” yah tentang korea …

  24. Sarah says:

    Oya, kelupaan. Tadi saya liat di post sebelumnya, kalo jaringan telepon di kore cdma, bukan gsm. Nah, mas chocky dulu apa kendala ganti kartu ga di hp?

    Hape saya gsm semua ini, pake tel***sel . Hehehe… gimana mas solusinya waktu itu?

    • syaratnya cuma asalkan hape kita support 3G. operator2 GSM besar di Indonesia sudah ada kerjasama roaming international dengan operator seluler di Korea, pastikan sesampainya di sana hape dinyalakan dan diaktifkan untuk jaringan 3G nya, nanti bisa menangkap sinyal seluler di sana.

      setau saya untuk kartu pasca bayar harus registrasi dulu, untuk pra bayar gak perlu registrasi2, bisa otomatis. nah, sepertinya dulu prabayar tsel harus register diaktifkan dulu fasilitas roaming international-nya di Indonesia, kurang tau untuk sekarang apa bisa otomatis atau tidak, untuk pastinya lebih baik ditanya ke CS nya dulu aja mbak. :)

      gitu aja sepertinya info dari saya, semoga membantu, makasih udah nyasar di sini. :D happy traveling ya!! ;)

  25. Sarah says:

    Mas chocky, infonya berguna sekali.. Kebetulan pertengahan agustus ini, saya dan kerabat mau ke korsel. Nah rencananya pengen nginep di guest house gitu. Kira2 ada suggestion ga untuk guest house2 yang murah bersih aman?
    Udah cek2 via internet sih, tapi bingung… Karena biarpun dikasi alamat2nya, saya pun ga tau itu strategis apa gak. Hahahahaha…

    Thanks before

    • wah, maaf nih.. selama di Korea saya malah belum pernah ada pengalaman nginep di guest house :peace: jadi saya kurang bisa kasi rekomendasi yang mana2nya… :)
      yang jelas, saran saya sih selama lokasinya terhitung dekat dengan subway station, sudah bisa dibilang enak lah, gampang ntar ke mana2nya. mungkin itu aja saran dari saya untuk masalah penginapan di sana… harap maklum, hehehe… :D

  26. indy says:

    iihh,,, mimpi bgt bs ke korea, :(
    jadi makin pengen kesana stlh baca review nya,, seru bgt kyanya

    • kalau kata agnes monica itu “dream, believe and make it happen” *halah* kapan kapan main ke Korea dong kalau gitu. :D

      • uwee says:

        jadi semakin pgn cpt2 ksana, rncn tgl 19 juni mau ksana. btw kl selama dsana butuh bw brp korea hny untuk beli souvenir (kisaran harga-harga berapa ya), blnja pernak-pernik di lotte world ?di lotte world kan ada korean unique handycraft, apakah sama dgn di namdaemun or dongdaemun?ciri khas souvenirnya apa y? trus disana selain lotte world ada tempat rekreasi lagi ? seperti kereta gantung yang kayak di genting (KL) or tung chung (HK)?
        trims y

        • untuk belanja pernak-pernik di lotte world saya kurang tau detail nya ya. tp setau saya souvenir kerajinan ala korea itu ya muter2 aja koq, semuanya ada di Namdaemun atau Insadong itu. mau di moll mana, di toko mana, sampe di Duty Free di bandara sama aja, yang beda ada di harga2nya. :D

          untuk tempat wisata, selain Lotte World ada juga Everland untuk theme park begitu. bedanya Everland itu outdoor, sementara Lotte World lebih ke indoor. kalau misal yang dicari kereta gantung gitu, saya kurang yakin ya. pengalaman saya di Everland dulu ga naik kereta gantung, tapi kaya kursi gantung gitu lah buat naik dari bawah ke atas doang. :D

          maaf baru sempet bales, semoga bisa nambah2 referensi. makasih sama2 & happy traveling… :D

  27. vina says:

    jd ga sabar pengen explore korea untung ktmu info disini.kebetulan tgl 11 Mei ini sy brngkt ber-8 :)

  28. surya says:

    seneng sekali infonya..kebetulan saat ini kami sedang berada di daejeon…kemungkinan hari minggu kami ke namdaemun market bersama beberapa rekan dari negara lain… kira2 kalo dari daejeon ke market tersebut naik apa ya… apakah ada souvenir hiasan piring juga…

    • wah, kalau dari daejeon saya kurang tau nih. kalau ga ada bis yang langsung menuju ke Seoul, kayanya paling enak pake kereta kali ya. nanti kalau sudah sampai Seoul kan tinggal sambung pake MRT (Subway). coba dicari info2 lain lagi mas masalah transport ke sananya… :)

      untuk souvenir hiasan piring ada kok, banyak pilihan malahan. mau yang porselein ada lapisan emas-nya atau yang dari logam jg ada. motif jg macem2.
      eh iya, seperti yang saya tulis di atas ya, saran aja sih, kalau ke Namdaemun market mending selain hari Minggu, biar bisa belanja di pasar di dalem gedung dgn harga yg lebih murah (biasanya). tapi seandainya gak bisa pun, masih bisa belanja di sana, banyak toko yang jualan souvenir2 begitu, tp ya harus pinter2 nawar aja sih. :D

      • surya says:

        Trims infonya…kami baru saja dari sana tapi tidak belanja didalam gedung karena hari minggu dan benar gedung bagian dalem tutup… memang katanya ada selisih 25%-30%
        kalo hari kerja gedung dalem buka dari jam berapa sampai jam berapa karena kemungkinan balik lagi di hari kerja… hehehehehehehehe.
        Mohon perkenan melalui email. Trims.

        • Setau saya, pada hari kerja termasuk hari Sabtu, namdaemun market di dalam gedung buka dari pagi hingga sore jam 5 sore’an.
          buka pastinya jam berapa, saya kurang tau. saya pikir seperti jam buka pada umumnya kali ya, antara jam 9-10an pagi. :)

          OK, sudah saya kirim via email ya mas, makasih sama2. :D

  29. indria says:

    Wah alhamdulillah nyasar disini, makasih byk info korselnya, insya اللّهُ berguna u jalan2 sma klurga ke korsel 23april ini, Jd penasaran ama si powder rooom itu, ntr aq mau coba m$asuk aaaaah…. Ntar aq foto n post ya.

  30. anastasia says:

    bro,waktu kesana pake travel atau ngebolang gitu aja..btw waktu kesana naik pesawat apa ya..rencana lagi nabung buat jalan sama temen2 nih,jadi mau atur budgetnya dulu..maklum masi anak kuliahan..ahahah

    • hm… waktu ke sana bukan ngebolang dan jg bukan pake travel. hehehe… dulu urusan kerjaan koq. saya kesana kalau jalan2 ya cuma weekend aja koq, jadi tentu semua inisiatif sendiri alias ga pake travel2an. selama ini ke Korea selalu naik Korean Air. :D

  31. Ayu Mutiara says:

    Hwaaaaa jadi pengen ke korea :)

  32. Imam says:

    Thanxs atas infonya bang choky, btw tgl. 21 maret ini sy dan temen2 kantor mau outing ke korea, bang coky bisa kasih info ngga harga2 souvenir dan oleh khas korea, misalkan: gantungan kunci, tempelan kulkas, kaos, tas, kamera, memorycard, coklat, makanan2 yg bisa dibawa dan jenis souvenir lainnya, sorry banyak yg ditanyakan hehehe…Thanxs.

    • wih, enak bener outing kantor sampe korea.. :D
      aselinya ada rencana mau nge-post jg sekilas harga2 di sana, tp kayanya ga sempet jg kalo sampe tgl 21 besok, hehehe. ok, saya kasi gambaran singkat aja ya…

      kalo gantungan kunci, tempelan kulkas gitu rata mulai 1000-2000an KRW, yg lebih mahal tentu ada, tergantung bahan dan desain jg.
      kaos yang bagusan harga 10-15 rb KRW. untuk kaos2 biasa bgt jaman dulu sih kalo pinter nawar 10rb KRW bisa dapet 3 biji *skrg kayanya rada susah*
      memory card atau gadget sih harga standar kali ya di sana, rata2 gak bisa dibilang lebih murah jg dibanding di sini.
      coklat & makanan ya saya ambil rata2 mulai 2000-3000 KRW. ini yang kemasan kecil atau biasa ya. kalau kemasan besar pastinya harga jg mengikuti. :D
      coklat yang mahal2 seharga belasan atau puluhan ribu KRW juga ada. :P

      itu aja dulu, semoga membantu ada gambaran.
      makasih sama2. :)

    • Imam says:

      Bang Choky kok harga yg bang chocky ngga sesuai ya dengan pernyataan teman saya,kata teman sy yg sempat ke korsel disana harga suvenir mahal2 diatas 5000KW kaos harganya mulai dr 15000KW, jd bingung yg bener yang mana? oh ya satu lagi kalo sy mau komunikasi dengan keluarga di rumah, kira2 brapa ya tarif telpon disana? bisa ngga sy menggunakan Internet blackberry pake hotspot?tersedia dimana hotspot ya? Thanxs.

      • hehehe… itu yang saya maksud kaos untuk oleh2 ya, yang ada gambar-sablonan Korea2nya gitu, rata2 seperti yang saya sebutin. kalau misal oleh2 pakaian secara umum kaya kemeja atau jaket dsb memang harga 10rb KRW di sana tergolong murah menurut saya, ya rata2 20rb-an KRW lah, lagi2 masalah harga itu relatif…. :)

        untuk komunikasi, berhubung saya bukan pengguna BB, saya coba jawab berdasar pengalaman temen ya.
        di sana kalau mau aktifin BIS bisa2 aja, tp ya bayar ke operator rada mahalan, bisa berapa puluh ribu untuk SATU HARI aja. misal untuk Wifi-an, internet di BlackBerry bisa2 aja *kaya wifi-an biasanya*, nah kalau untuk BIS via Wifi menurut teori sih bisa, tapi waktu itu prakteknya temen saya BBM-nya ga jalan. :)

        untuk wifi gratisan, berdasar pengalaman terakhir saya ke sana, coba ntar pas cari jaringan Roaming Internasional pilih operatornya “olleh”, nanti kalau kita ada di jaringan itu, kita bisa masuk ke jaringan wifi Olleh yang cukup kesebar di mana2 *di mall, restoran, subway, dsb* kebetulan 2011 lalu kayanya Olleh sepertinya baru expand jaringan mereka besar2an.

        ok, segini dulu deh. semoga gak nambah bingung… hehehe…. makasih sama2! ;)

        [EDITED] : oh ya, tambahan dikit… kalau mau beli oleh2 ya di pusat oleh2 seperti saya tulis di post di atas. yang rekomended ya di Namdaemun. :)
        suvenirnya apa dulu, kalau gantungan kunci, gantungan hp dsb harga di atas 5000 KRW mungkin belinya langsung 1 renteng tuh (isi 5 atau 10 biasanya) atau yang emang bahannya bagusan. kalau boneka2 tradisional, dsb ya kembali tergantung ukuran. yang kecil rata2 8-10rb KRW. hahaha… *berasa jadi tim sales & marketing* :))

  33. Shin Hyo Ae says:

    Wow… makasih uda share pengalaman ke Korea nya… ga sengaja browsing and ketemu blog kamu.
    Btw harga souvenir disana kisaran berapaan ya ? supaya pas kesana aku uda bisa ada perkiraan harga.. soalnya next month ada rencana mau kesana jika visa di terima… thx

    • eh, kirain ada orang Korea nyasar ke blog ini, hehehe… *lirik namanya*
      ada rencana mo nulis post ttg souvenir dan harga2nya di sana, moga2 sempet asap. :D kalau harga sih, mulai dari gantungan hp atau gantungan kunci seharga 800-1000 KRW sampe boneka, hiasan dinding, topeng2an, dsb seharga 10rb – 30rb KRW. :) makasih sama2 udah nyasar di blog ini. :D

      • Shin Hyo Ae says:

        Ayooo dunk dibikinin blog tentang suvenirnya… soalnya 3 Apl aku uda berangkat neh… hehehe
        Jadi kan bisa mikir mau beli suvenir apa buat temen2… soalnya katanya disana muahal2 bangett harganya…
        Aku ada tujuan ke Dongdaemun and top dong underground market…
        Kalo dipasar Dongdaemun gitu ada jual kosmetik ga ya? spt etude, skinfood and faceshop?
        ayo Burrruuuan di share heheheh :P *request sedikit maksa* hihiihih

        • di Dongdaemun pastinya ada kosmetik di sana, toh kosmetik “curah” (apa sih ya istilah tepatnya) itu jg banyak di sana, hahaha… :D
          untuk harga oleh2 suvenir gitu gak terlalu mahal2 banget, kecuali mau beliin baju2 modis ala Korea di butik2, itu baru harganya mahal-mahal banget, menurut saya sih gitu. :)
          maaf ya, belum sempet ngepost2 lagi nih. baru lumayan banyak kerjaan jg. :peace: gak janji deh bisa kelar kapan, hehe… :)

  34. shierly mey says:

    minta alamat emailnya dong

  35. elf says:

    wah.. tmn gw ke korea 1 minggu 20juta, yg pergi 4 org
    i kluarga dy byr 80jta.. ad badai pula, jdi 8 hri di korea
    ktanya klo toko emperan luarny ma rada murah pdhl bgus

    • ha? 1 minggu 20 jt? semahal itu kah? hahaha… saya ga tau semahal itu apa ga. :D

      • Dessy says:

        hmmmm….mayan buat guidance nih ceritanya…rencananya kl tidak ada aral melintang april akan ke korsel….ksh guidance lg dong untuk shopping di korsel..tawar menawarnya gmn? trus kl mau cari sepatu, tas, baju or aksesoris baiknya dimana yg tentunya harganya musti murmer….qiqiqi…

        • tawar menawar ya mending bawa kalkulator atau hape lah, kecuali ngerti bahasa Korea ya. yang jelas untuk menawar, saya belum pernah ngalamin nawar langsung 50% dari harga ditawarkan kaya di pasar-pasar Indonesia. :D
          kalau mau cari pakaian dan aksesorisnya, saya saranin ya ke Dongdaemun aja. bener-bener isinya fashion semua, dari yg murah (dibawah 10000 KRW) sampe yang mahal-mahal banget juga ada.
          sebenernya bbrp hari ke depan bakal nge-post jg tentang masalah belanja2 di Korea, semoga sempet dalam 1-2 minggu ini. makasih ya udah nyasar di sini. :)

  36. inneke says:

    menarikkkkkk……jadi makin pengen ke seoul :D..
    di korsel dalam rangka apa ya? kerjakah? hihi
    tulis about korsel lagi yaaa ..gomawooo ^^

  37. heldha says:

    iyya iyyaa attuh harus disyukuri
    banget banget malah
    .
    jarang*nyaa kan ada orang yang bsa kekorea
    ampe bulak balik gtt
    .
    itukan sesuatu yang wahhh ajaib sangat
    hheu

  38. DanishMom says:

    Chock, kl cari makanan halal susah gak sih di Korea? Kepengen bisa ke sini, tp kl sampe di sana gw kelaparan kan gak lucu ^_^

    • kalau masalah halal, kayanya sih susah2 gampang sih tant… toh di sana jg banyak fast-food ala KFC atau McD dsb. yang jelas, babi di Korea kaya ayam di sini, dikit2 babi, kalau beef atau sea-food gitu jadi makanan yg lumayan elit. :)
      kalo aku sih ya, bukan masalah halal atau tidaknya. tapi cocok apa ga sama lidah kita, salah2 dapet makanan yang asem2 kecut gimana gitu, bikin mules! :))

  39. Yunita Putri says:

    Wah.. Pas banget nemu blog ini. Tahun depan saya berencana untuk liburan kesana. Kalau boleh tahu waktu yang pas untuk liburan kira2 bulan berapa ya mas? Sekalian rekomendasiin dong hotel murah yang ga jauh dari kota. Thank you :)

    • waktu yang pas buat ke korea sih menurut saya pas pergantian antara musim panas dan dingin kali ya mbak. sekitar bulan April-Mei (musim semi) atau September-Oktober (musim gugur). Kalau pas musim semi, kalau beruntung waktunya pas, bisa ngelihat pohon-pohon kaya Sakura gitu, warna daunnya pink muda. :) kalau awal musim gugur, warna daun2 juga mulai berubah warna.
      Yah bisa dibilang pemandangannya jadi cantik mb. :) tapi kalau misal mau mengalami salju di sana, ya ke sana pas winter aja, sekitar bulan Desember s/d Februari. Kecuali pas musim panas, kayanya ke Korea kapan aja lumayan enak koq. Justru pas musim panas itu di sana malah sering hujan lho. :D

      Kalau untuk hotel yang murah, saya kurang tau nih mb. kebetulan waktu ke korea ga pernah ngurusin hotelnya, hehehe… :D tapi kalau pengalaman pribadi cari2 hotel, mungkin bisa coba ke hostelworld.com aja. pernah booking hotel via web itu lancar2 aja koq. :)

      makasih sama2, makasih udah nyasar di sini. :D

  40. Alid Abdul says:

    uda tau powder itu tepung, jadi ruangan buat tepung hwakakkaka…
    ngences gue klo liat pasar,,, gak kuat mata gak kuat dompet….
    akhirnya keluar juga postingan lo tentang korea setelah sekian lama bolak balik ke sono hahaha….
    Alid Abdul recently posted.. Balada Tiket MurahMy Profile

    • Hahaha… lagi niat aja nih nulisnya. :P
      kalau semua semua ttg Korea kutulis bisa sebuku kali ya!? :hammer:

      Kalo gw sih kadang nahan diri untuk tidak belanja, karena faktor duit, kadang ada faktor males bawanya juga!! :))

  41. nyun says:

    setauku powder room sbnrnya bisa sama aja ma toilet sih, tapi sapa tau yang ini beda.. :D
    ada ungkapan kalo mau permisi ke toilet, buat cewe biar rada sopan ngomongnya bisa “excuse me, I need to powder my nose” begitu..

    tapi cmiiw sih.. :)

    • Haha, bisa jadi sih mbak, tp waktu itu beneran cuma ada ruangan itu di sekitar situ, gak ada ruang lain misal ruangan khusus buat cowok semacam toiletnya. Lagian kalo toilet, ada tempatnya sendiri. Itu yg bikin penasaran… :))

  42. @helgaindra says:

    ente tinggal disana etau emang doyan pergi kesana?
    bagus nih rekomendasi tempat belanjaannya
    Anyway itu dslr harganya lebih murah gak ya dari yg dijual di Indonesia?
    hehehe
    @helgaindra recently posted.. Thank You, Lumix!My Profile

    • Bukan doyan tp kebetulan disuruh suruh ke sana terus bung, hehehe…. untuk DLSR kurang tau ya, tp dulu pernah cuma bandingin harga camera digital pocket gitu, harga kurang lebih sama lah. Kalau pun beda ga beda2 jauh bgt. :)

  43. Andiaz Uno says:

    Nice reference…
    Andiaz Uno recently posted.. Mari berlari…My Profile

  44. ellalae says:

    kyaaa… hanguk.. kyaaaa… *fans korea rusuh*
    women’s powder room kayanya semacam kamar pas gitu deh.. jadi biar leluasa ngepas bajunya, dan biar cowo2 ga rusuh.. jdnya dipisahin *sotoy*

    bahas makanan korea yg dicobain juga dooongggggg… :D
    ellalae recently posted.. Tanggung Jawab ke Tuhan!My Profile

    • kamar pas kan kalau di dalem toko pakaian, lha itu letaknya di samping lift, di luar toko2 koq, persis kaya toilet2 umum. :D
      bahas makanan? hm…. buanyak sih yang sudah dicoba, tp pada gak ngerti namanya apa aja. :))

  45. dindun says:

    chock… ga sekalian dikasih tips klo nawar disana?
    *si gunawan nawar 1/2 harga diusir :D

  46. Zippy says:

    Saya kapan ya bisa ke Korsel? :(
    Kota di Asia yang pengen bangeeeet saya kunjungi selain Jepang ya Korsel :D
    Ternyata di Korea ada juga ya pasar yang mirip2 di Indonesia.
    Tapi bedanya disana bersih, nah disini kotornya bukan maen :lol:

    Oh..iya, saya juga penasaran mas, itu Women’s Powder Room isinya apa yaaaa? :mrgreen:
    Zippy recently posted.. XLangkah Lebih Maju Dengan InternetMy Profile

    • wah, salah satu peminat Korean things ya? :)
      jujur aja sih, waktu itu Korea nggak masuk ke salah satu negara yang pengen dikunjungi, eh malah ada kesempatan bolak balik ke sana, hehehe… ya disyukuri aja deh, bisa jalan2 ke sana. :D
      di sana ada juga kok pasar tradisional yang jualan sayur2an gitu. becek2nya sama aja, cuma mungkin emang masih lebih bersih daripada pasar basah di sini.
      itu Women’s Powder Room emang bikin penasaran, sayangnya pas saya ke mall itu bareng cowok semua, g ada yg bisa masuk! :))

CommentLuv badge
%d bloggers like this: