20

Pindahan Hosting (lagi) – :)

Per Sabtu, 26 November 2011 kemarin, blog saya ini resmi pindahan alias migrasi web hosting untuk kedua kalinya. :) Yang pertama saya memutuskan migrasi web hosting pada tanggal 12 Desember 2010, dari hosting gratisan ke hosting berbayar. Masih sama-sama berbayar sih, tapi karena dirasa sudah merasa kurang cocok dengan hosting A, akhirnya mencoba untuk ngontrak rumah buat blog ini di penyedia layanan web hosting B. Oh ya, Sabtu kemarin juga adalah hari di mana saya juga pindahan, yaitu pindahan kost!! :D *ga penting*

Ada beberapa alasan kenapa saya memutuskan migrasi web hosting. Tanpa menyebutkan merk dagang yah :) , sebut saja web hosting A sebagai web hosting lama pilihan saya, dan hosting B sebagai web hosting pilihan terbaru.

Beberapa alasan itu adalah :

1. Bisa disebut rada kecewa dengan kualitas layanan A, karena perasaan seriiiing banget blog ini down sehingga tidak bisa diakses. Bahkan sempat di saat traffic blog ini lumayan banyak, akun saya suspended. :hammer:

2. Pemakaian bandwidth per bulan untuk blog ini (syukurnya) lumayan besar, dan jumlahnya sepertinya bakal kurang apabila tetep bertahan di hosting A. Sementara di hosting B yang sekarang ini jatah bandwidth-nya unlimited!! * terima kasih banyak buat yang sering nyasar di blog ini :D *

jatah bandwidth baru

3. Dari segi ekonomis-nya, ternyata setelah dibandingkan harga sewa hosting A lebih mahal daripada harga yang ditawarkan hosting B. Dengan paket kuota space yang ditawarkan lebih sedikit dari hosting B, hosting A berani membanderol harga sewa lebih tinggi. :nohope:

Tapi lagi-lagi “tak ada gading yang tak retak” – harus diakui sih dari segi pelayanan staff atau CS-nya, hosting A saya pikir masih lebih baik dari hosting B. Saya pun masih ada sebuah web lain yang saya titipkan di hosting A. Jadi, mari kita bandingkan mana sih yang lebih baik secara umum, hosting A atau hosting B, kita tunggu beberapa waktu ke depan, hehehe… :)

Oh ya, ternyata oleh Google blog saya ini sudah diberi bonus sebuah sitelink. :) Awalnya gak ngeh apa itu dan kapan blog saya diberi sitelink. Justru awalnya dikasi tau si mas ini. :D Apa itu sitelink? Bisa ke wikipedia saja di sini. Tapi karena gak semua website bisa dapet sitelink dari om Google, jadi ya merasa seneng-seneng aja, haha… :D

 

 

  1. Bang Utcok says:

    Jadi blog lae ini kuotanya cuma 150MB atu 500MB …. cukupkah 150 buat ngeblog standar? saya pake 200MB bandwith unmetered, sering banget down, awalnya masalah plugin, tapi setelah plugin di pangkas masih down juga. padahal blognya sepi lho, bahkan yang komen juga baru 1 org. Aneh kan?

    • halo bang.. blog saya ini sekarang kuotanya “cuma” 150 MB. kalau di awal2 sudah cukup banget lah, selama file-file gambar pada post di blog kita host di luar, bukan di hosting blog kita. hehehe…
      ini sekarang ngeblog 3 tahun dengan post yg ga terlalu rajin update, 150 MB baru mulai terasa agak kurang. tapi kalau di post kita ga terlalu banyak main gambar2, pastinya masih cukup2 aja tuh.

      untuk masalah down, perlu dicek lebih lanjut sih itu. memang dibilang down karena apa? space nya kurang? kalau masalah space kurang, coba dilihat pada file manager nya, kadang ada file error.log (file pencatatat log error) yang tanpa disadari ukurannya bengkak samapai puluhan MB. kalau masalah down, bisa jadi masalah ada di web hosting nya bang… dulu saya pakai Web Hosting no. 3 di Indonesia, tapi seringgg banget down dan penyelesaiannya kurang memuaskan, komplain juga sampai capek. akhirnya pas kontrak habis saya pindah ke Web hosting no. 1 (dari segi market share), dan syukurnya selama nyaris 2 tahun ini downtime nya yang bener ada masalah (bukan karena maintenance server) baru terjadi 1-2 x saja. :)

  2. Jajat says:

    Di rumah baru, mudah-mudahan tamunya makin membludak.
    Jajat recently posted.. IndeHost Web Hosting Bagus dan Murah IndonesiaMy Profile

  3. Zippy says:

    Wah, bandwidth di hostingan saya malah lebih dikit mas, cuma 20rb aja :D
    Tapi gak apalah, segitu juga gak penuh kok, masih ada lapangnya, visitor blog saya kan gak banyak :D
    Btw, hosting dimana mas? :D
    Zippy recently posted.. Komunitas Blogger JayapuraMy Profile

  4. sarimpi says:

    Wah bandwidthnya udah lumayan gedhe tuh.
    Kali aja host yang A takut kehabisan stok..
    Betul mas harus coba dibandingkan sendiri, jangan percaya kata orang

    http://tempathostingmurah.com/memilih-hosting-jangan-percaya-kata-orang/

    • ya kurang tau jg sih, waktu itu dibilang ada 1-2 plugin yg bikin berat server, makan bandwidth dsb. nah, masalahnya kalau secara awam diliat di stat, kayanya penggunaan bandwidth masih normal2 aja, di samping traffic jg emang naik. eh malah sempet kena suspend. :nohope: dan sekarang sedang coba ke web hosting lain, saatnya dibandingkan sendiri… hehehe… :D
      makasih ya sudah nyasar di sini. :)

  5. maminx says:

    perihal nomor satu soal kualitas saya pernah rasain juga tuh. hostingan yang dulu pertama kali pake suka down, jadinya bikin emosi karna keseringan down. pindah hosting deh. mudah-mudahan di server hostingan yang baru gak ada masalah lagi ya mas, amin..

    • amiiin…! semoga mas. :)
      emang bikin jengkel jg kalo sering down, apalagi di jam2 sibuk pas kita mau ada perlu di blog. yang terakhir itu malah akun kena suspend, katanya gara2 ada plugin yg bikin berat server. meskipun sempet dibalikin semua file2nya, tp file plugin2 itu sempet dihapus dari cpanel, makanya uda berasa rada2 trauma! :nohope: ya udah deh, kebetulan bulan Nov ini pas abis masa kontraknya, jadi ya sekalian aja pindahan. :)

  6. magicaelly says:

    ngeliat konten blog… itung2 pen punya rumah sendiri… kok yaa minder.. tar2 aja ah kalu isi blog udah beneran sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar :))

    setaon brapa om?

    btw likey this term “sosialita dunia maya” =)) iye yaa.. si mr. abdul itu sosialita banget :))
    magicaelly recently posted.. Like i careMy Profile

    • yaelaaah, kagak ada aturannya kali punya personal blog sama penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar :P
      biaya setaun kira2 buat domain & hosting ya sekitar 200rb’an lah.
      udah, ayo ayo buruan bikin, hehehe… ntar bisa minta bantuan si mr. bedul. :)) *orangnya bersin2 nih kita omongin*

  7. dindun says:

    emang pemakaian bandwidth efeknya kemana chock? #pertanyaanbodoh
    itu jarak kuotanya juga jauh

    • itu jatah besarnya data transfer yg diberi buat web kita dun. makin banyak yang akses, pastinya butuh bandwidth lebih juga. misal web kita diberi jatah 10MB, kalo tiap pengunjung butuh 1MB untuk sekali akses / buka web kita, otomatis web kita cuma bisa dibuka 10x doang, kalo lebih dari jatah bandwidth yg diberi, otomatis web ga bisa diakses lagi dari luar… :)

      kalo kuota, kebetulan di kuota hosting lama pas dapet promo, makanya dapet 500MB. tp tetep belum kepake jg. :D

  8. -rizka- says:

    kok aku baru nyadar rumah barumu ini rapihan….ga ada poto narsis segede gaban nongol disana-sini

    pas mo submit komen ada beginian di bawah “Confirm you are NOT a spammer”…..emang dikira aku tukang nyepam appaaaahhhhh??? #gakterima >.<
    -rizka- recently posted.. Tourist TrapMy Profile

    • huee?? emang ada bedanya gitu rumah baru atau gak? perasaan content-nya sama aja koq isinya. *bingung*
      lagian di mana sih foto narsis segede gaban nongol di blog ini? *bingung kuadrat*
      yg masalah spammer, berarti pas komen awal dirimu emang gak nge-centang kotakan Not a Spammer. :P

  9. ellalae says:

    mas “ini” nya eksis amat ya mas.. awas tar dia ngajak ngumpet di kobokan.. hahahaha..
    SELAMAT MENEMPATI RUMAH BARU.. *baik di dunia maya maupun dunia nyata… :)
    ellalae recently posted.. Adven I & Tahun Ekaristi 2012My Profile

CommentLuv badge