Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Peribahasa yang satu ini memang bener banget kalau kita sedang berada di suatu daerah. Adat atau kebiasaan setiap daerah itu pasti unik dan ada perbedaan dengan daerah lain, meskipun hanya sedikit. Masih sama-sama di wilayah Indonesia saja seringkali berbeda, apalagi kalau dibandingkan dengan di luar Indonesia. Kali ini dan mulai post ini hingga beberapa post ke depan, saya ingin membahas beberapa kebudayaan atau adat Korea Selatan yang tentunya berbeda dengan di Indonesia pada umumnya. :)

Kenapa Korea? Ya karena beberapa waktu lalu saya lumayan sering ada kesempatan mengunjungi negeri ginseng tersebut. Jadi ini pure berdasar pengamatan dan pengalaman saya yah. Silakan saja kalau tidak setuju, boleh-boleh aja kalau mau protes. :) Siapa tau post ini bisa berguna buat yang ada rencana main-main ke Korea Selatan, anggap saja tips & trik. Hehehe… πŸ˜€

Yang pertama, mari di mulai dari bandara dulu. Biar ceritanya dari awal pertama kali datang menginjakkan kaki di Korea. hehehe…. :))

* bandara Incheon – pintu gerbang internasional *

  • bandara Incheon, sebuah bandara yang terletak di sebuah pulau sendiri yang dihubungkan ke kota metropolitan Seoul dengan jembatan panjang membentang di atas laut.
  • begitu keluar pesawat, dan berada di bandara Incheon, kita pastiΒ  akan langsung dibuat takjub dengan kondisi bandaranya. terang, bersih dan canggih, apalagi bila kita melihat lokasi duty-free nya, seperti mall! interior bangunannya juga terkesan futuristik dengan dominan warna abu-abu di dalamnya.
  • bangunan bandara Incheon ini kalau nggak salah hitung sih terdiri dari 4 lantai, yang terdiri dari terminal keberangkatan, terminal kedatangan, saluran rel kereta bawah tanah (subway) dan lantai terbawah semacam untuk office.
  • kita bisa dengan mudah menemukan keran air minum yang kebanyakan berada di depan pintu toilet. eits, meskipun di depan pintu toilet, aman untuk diminum pastinya. saya belum pernah sakit gara-gara minum air dari keran itu koq. πŸ˜€
  • di bandara ini bersih dari orang-orang yang menawarkan jasa angkut bagasi. jadi kita bisa menunggu bagasi dan mengambil trolly dengan tenang tanpa ada kamus rebutan.
  • setelah mengambil koper / bagasi, saat membawa keluar tidak ada petugas yang memeriksa mencocokan nomor bagasi. sejauh ini aman-aman saja sih. * tapi jangan kepikiran untuk nyolong di sana ya!! πŸ˜€ * kalau pemeriksaan x-ray pastinya tetep ada.
  • pada terminal keberangkatan, ada sebuah lounge yg disediakan oleh Naver (search engine no. 1 di Korea). ada beberapa laptop terkoneksi dengan internet yang bisa digunakan dengan gratis.
  • bandara Incheon ini merupakan bandara no. 1 di dunia untuk tahun 2007, 2008, 2009 dan berada di posisi 2 dunia setelah bandara Changi Singapura di tahun 2010. Saingan utama bandara Incheon selain Changi adalah bandara internasional milik Hong Kong.
  • shuttle bis ke berbagai kota juga sangat memadai, datang secara reguler sesuai dengan jadwal.
  • sebelum naik ke dalam bus, serahkan saja koper / bawaan kita ke petugas shuttle bus. mereka akan mengangkat dan mengatur ke dalam bagasi bus, tapi tenaaang, gratis koq! gak bakal ada yang tiba-tiba minta uang rokok… :hammer:

Mau disadari atau tidak, pemandangan kontras antara bandara Incheon dan Soekarno-Hatta bukan hanya ada di kondisi fisiknya saja. Di Incheon, begitu keluar pesawat, kita bakal digoda dengan iklan-iklan pariwisata Korea yang mencolok di tembok tembok di sepanjang jalan mulai dari garbarata hingga loket imigrasi. Bagaimana dengan bandara Soekarno-Hatta? Yang ada malah peringatan bahaya narkoba, stop perburuan binatang langka, stop korupsi dsb. :hammer: misal kalau pun ada iklan pariwisata suatu daerah, yang ada malah lebih gedhe foto si tokoh. :nohope: *oops

 

* foto-foto Bandara Incheon, Korea Selatan *

Salah satu bangunan utama dari bandara Incheon, kalau gak salah sih itu menuju parkiran dan ke arah kereta bawah tanah (subway)

[Terminal Kedatangan]
Ini suasana bandara setelah kita keluar dari Imigrasi, ambil bagasi dan keluar, ketemu deh sama β€œmall” satu ini.

[Terminal Keberangkatan]
Ini suasana duty-free Incheon, toko di sepanjang kanan kiri jalan menuju ke ruang tunggu.

Pesawat Korean Air dengan warna biru ciri khas-nya lagi disiapin untuk penerbangan beriktunya.


[Terminal Keberangkatan]
Suasana ruang tunggu, kalau gak salah sih ini Terminal 22

ngeksis dikit… *penting* :))

Mungkin segini post kali ini. Sengaja saya pisah-pisah biar gak terlalu banyak makan bandwidth buat gambar-gambarnya. Next, rencana post tentang Korea dan Korean. Sabar yaks… hahaha… πŸ˜€

 

korea-part-1