82

Catatan di Korea Selatan [Part 1] : bandara Incheon, Korea Selatan

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Peribahasa yang satu ini memang bener banget kalau kita sedang berada di suatu daerah. Adat atau kebiasaan setiap daerah itu pasti unik dan ada perbedaan dengan daerah lain, meskipun hanya sedikit. Masih sama-sama di wilayah Indonesia saja seringkali berbeda, apalagi kalau dibandingkan dengan di luar Indonesia. Kali ini dan mulai post ini hingga beberapa post ke depan, saya ingin membahas beberapa kebudayaan atau adat Korea Selatan yang tentunya berbeda dengan di Indonesia pada umumnya. :)

Kenapa Korea? Ya karena beberapa waktu lalu saya lumayan sering ada kesempatan mengunjungi negeri ginseng tersebut. Jadi ini pure berdasar pengamatan dan pengalaman saya yah. Silakan saja kalau tidak setuju, boleh-boleh aja kalau mau protes. :) Siapa tau post ini bisa berguna buat yang ada rencana main-main ke Korea Selatan, anggap saja tips & trik. Hehehe… :D

Yang pertama, mari di mulai dari bandara dulu. Biar ceritanya dari awal pertama kali datang menginjakkan kaki di Korea. hehehe…. :))

* bandara Incheon – pintu gerbang internasional *

  • bandara Incheon, sebuah bandara yang terletak di sebuah pulau sendiri yang dihubungkan ke kota metropolitan Seoul dengan jembatan panjang membentang di atas laut.
  • begitu keluar pesawat, dan berada di bandara Incheon, kita pasti  akan langsung dibuat takjub dengan kondisi bandaranya. terang, bersih dan canggih, apalagi bila kita melihat lokasi duty-free nya, seperti mall! interior bangunannya juga terkesan futuristik dengan dominan warna abu-abu di dalamnya.
  • bangunan bandara Incheon ini kalau nggak salah hitung sih terdiri dari 4 lantai, yang terdiri dari terminal keberangkatan, terminal kedatangan, saluran rel kereta bawah tanah (subway) dan lantai terbawah semacam untuk office.
  • kita bisa dengan mudah menemukan keran air minum yang kebanyakan berada di depan pintu toilet. eits, meskipun di depan pintu toilet, aman untuk diminum pastinya. saya belum pernah sakit gara-gara minum air dari keran itu koq. :D
  • di bandara ini bersih dari orang-orang yang menawarkan jasa angkut bagasi. jadi kita bisa menunggu bagasi dan mengambil trolly dengan tenang tanpa ada kamus rebutan.
  • setelah mengambil koper / bagasi, saat membawa keluar tidak ada petugas yang memeriksa mencocokan nomor bagasi. sejauh ini aman-aman saja sih. * tapi jangan kepikiran untuk nyolong di sana ya!! :D * kalau pemeriksaan x-ray pastinya tetep ada.
  • pada terminal keberangkatan, ada sebuah lounge yg disediakan oleh Naver (search engine no. 1 di Korea). ada beberapa laptop terkoneksi dengan internet yang bisa digunakan dengan gratis.
  • bandara Incheon ini merupakan bandara no. 1 di dunia untuk tahun 2007, 2008, 2009 dan berada di posisi 2 dunia setelah bandara Changi Singapura di tahun 2010. Saingan utama bandara Incheon selain Changi adalah bandara internasional milik Hong Kong.
  • shuttle bis ke berbagai kota juga sangat memadai, datang secara reguler sesuai dengan jadwal.
  • sebelum naik ke dalam bus, serahkan saja koper / bawaan kita ke petugas shuttle bus. mereka akan mengangkat dan mengatur ke dalam bagasi bus, tapi tenaaang, gratis koq! gak bakal ada yang tiba-tiba minta uang rokok… :hammer:

Mau disadari atau tidak, pemandangan kontras antara bandara Incheon dan Soekarno-Hatta bukan hanya ada di kondisi fisiknya saja. Di Incheon, begitu keluar pesawat, kita bakal digoda dengan iklan-iklan pariwisata Korea yang mencolok di tembok tembok di sepanjang jalan mulai dari garbarata hingga loket imigrasi. Bagaimana dengan bandara Soekarno-Hatta? Yang ada malah peringatan bahaya narkoba, stop perburuan binatang langka, stop korupsi dsb. :hammer: misal kalau pun ada iklan pariwisata suatu daerah, yang ada malah lebih gedhe foto si tokoh. :nohope: *oops

 

* foto-foto Bandara Incheon, Korea Selatan *

Salah satu bangunan utama dari bandara Incheon, kalau gak salah sih itu menuju parkiran dan ke arah kereta bawah tanah (subway)

[Terminal Kedatangan]
Ini suasana bandara setelah kita keluar dari Imigrasi, ambil bagasi dan keluar, ketemu deh sama “mall” satu ini.

[Terminal Keberangkatan]
Ini suasana duty-free Incheon, toko di sepanjang kanan kiri jalan menuju ke ruang tunggu.

Pesawat Korean Air dengan warna biru ciri khas-nya lagi disiapin untuk penerbangan beriktunya.


[Terminal Keberangkatan]
Suasana ruang tunggu, kalau gak salah sih ini Terminal 22

ngeksis dikit… *penting* :))

Mungkin segini post kali ini. Sengaja saya pisah-pisah biar gak terlalu banyak makan bandwidth buat gambar-gambarnya. Next, rencana post tentang Korea dan Korean. Sabar yaks… hahaha… :D

 

korea-part-1
  1. […] Bandara Incheon, Korea Selatan | Chocky Sihombing – Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Peribahasa yang satu ini memang bener banget kalau kita sedang berada di suatu daerah. Adat atau kebiasaan setiap …… […]

  2. Toni says:

    Penasaran soal bandara Incheon karena baca postingan ini, akhirnya searching di google. Ternyata indahnya nggak ketulungan, modern dan sangat terawat.
    Moga2 kedepannya negara kita bisa semaju itu
    Toni recently posted.. Cara Membuat Sumur Resapan Dari Air HujanMy Profile

    • amiiiin….!! di sini sudah banyak bandara bagus sih mas, tp menurut saya masih sebatas BAGUS, masih belum memanjakan para penumpang, terlebih yg transit atau stay lama di bandara. :D makasih ya sudah mampir di sini :)

  3. Rena Tanaka says:

    haii…Choki,
    gw rencana ntar Nov’14 bakal backpacker ke Korea buat berlibur ama temen.. mau nanya kalo utk ke Pulau Jeju itu hanya dengan pesawat atu ada akomodasi lain yah? trus klo mis nya ntar pake pesawat lebih baik beli tiket pesawat pas di Indo ato ntar aja di Korea?
    Thx..

    • HI Rena.. kalau ke Pulau Jeju, tentu butuh naik pesawat (untuk menghemat waktu juga pastinya). kalau beli tiket, ya tergantung plan mau seperti apa. kalau sudah ada tanggal yang fix, bisa di-book dari sekarang aja, toh kan belinya juga online via web :D mungkin itu aja infonya ya… happy traveling! :D makasih sudah mampir di sini :)

  4. Rindang Ayomi says:

    Halloo Chocky ….
    Pas lagi browsing nemu web ini … trus pas lagi liat foto2nya kaget. Lho ini Chocky temen SMP dulu hahahaha ternyata oh ternyata.
    Seneng baca tulisan2nya apalagi baca soal Korea, next time kalau mau ke Korea berguru dulu sama Chocky :D

    • halo Rindanggg!! wah, ada temen nyasar di blog nih, hehehehe…. masih inget ya sama aku, bagus bagus.. hehe :D
      ada rencana mau ke Korea nih? Monggo aja kalau mau nanya2, sebisa mgkn nanti aku coba jawab. :P

  5. indah says:

    kak,mau nanya dong…
    kalau kita bawa oleh2 dari korea ke indo ada batas maksimumnya ga??
    soalnya takut ntar udah belanja ini itu dan keluar uang banyak,eh nyampe di incheon ga diperbolehkan masuk tuh barang…
    ditunggu jawabannya ^^
    thanx before kak

    • halo… oleh2 apa dulu nih? kalau semacam baju dan pernak-pernik lain selama batas wajar ga masalah sih. asal ga lebay keliatan kaya orang dagang gitu. :D
      tentunya ada batasan, tp saya kurang yakin berapa nih untuk sekarang (batasan lebih di aturan bea cukai Indonesia). kalau seperti elektronik, kalau kita beli di luar dan masih segel, tentunya akan dikenakan bea masuk tuh, tapi kalau sudah dibuka (dan dipakai), masih g pp sih, karena dianggap untuk konsumsi pribadi. mungkin itu infonya ya, semoga membantu.. :)

  6. Hallo kak!!!!
    Sneng bgt ntah pengen iri apa gimana bisa baca blog nya ‘oppa’ chocky sihombing hehehe :D
    pengen ke koreaaa..
    dalam nama Tuhan, taun depan pengen kesana.
    tp masih belom begitu tau daerah2 korea ka,,,..
    bahasa korea ga terlalu bisa, bahasa inggris juga gitu. ada solusi ga kak?
    ohyaaa..menurut kak chocky kl baru pergi ke korea enaknya ikut backpacker apa pergi sendiri yaaa..?
    Kok kalo ikut backpacker diliat liat lebih mahal yaaa T_T
    trims kak :”D
    Annyeong!!!!
    Agatha Cendana recently posted.. BYE!My Profile

    • halo halo Agatha…. maap baru sempet balesin. :)

      itu maksudnya ikut backpacker, backpacker mana? kok bisa lebih mahal ya? :D

      mau sendiri apa mau tur… kalo waktu untuk persiapan cukup banyak, enakan jalan sendiri sih kalau saya, hehehe… biar bebas mau ke mana2 sesuai keinginan hati *halah*

      bahasa Inggris mereka jg rata2 pas-pas-an koq, jadi tenang aja. hehehe… yang penting mah bahasa tubuh, jgn lupa persiapkan map / peta, dan survey2 dulu kira-kira di mana lokasi yang kita mau tuju, biar kalau nanya orang tinggal tunjuk aja di petanya. hehehe… :D bawa kalkulator atau hape dgn kalkulator, biar kalau nawar gampang :))

      kalau kata agnes monica mah “dream, believe, make it happen!” wahahahaha…. :))
      jadi ya segera di-plan aja ke Korea, supaya taun depan bisa ke sana, keburu ga demam korea2an, hahaha… :peace:

      mungkin itu ya informasi dari saya, semoga bermanfaat. makasih juga uda nyasar di sini. ;)

  7. soohee freish says:

    ada yang mau order makanan korea ? mau coba makanan korea yang sering di makan boyband ato girlband korea ?
    Ayo order di SOOHEE FREISH !! ^^ ada berbagai makanan korea yang bisa dipesan.. trusted shop !! makanan langsung diimport dari korea dan ada BPOM !! Follow twitternya @sooheefreish [SOOHEE FREISH]

  8. irish says:

    mas mau tanya,tgl 17 april sy mau ke Jeju island.supaya gak ribet bawa2 koper besar,apa bisa titip di airport incheon dulu?kalau pulang indo dg pesawat garuda apa ada penitipan khusus dekat counter check in garuda kah?trims sebelumnya

  9. shinta says:

    halooo mas..mau tanya dong,kalo kita bawa laptop untuk ke korea selatan ntar bakal ada pemeriksaan OS di bandara g kayak di spore gt?thanks

    • hm… pengalaman saya bolak balik lewat x-ray security sana belum pernah sampai di-check OS nya sih. kalau laptop memang disuruh keluarin dari tas sih, untuk dipisah dari bawaan yang lain, tapi yang saya tau bukan untuk di-cek OS nya, memang SOP mereka kali ya. bahkan saya pernah keluar masuk Korea bawa 2 laptop jg ga pernah di-cek OS nya. :) makasih sama2 sudah nyasar di sini, maaf ya baru sempet balesin. :)

  10. MegaGolan says:

    hii ka coky, salam kenal,,,

    Blognya bagus, sederhana, menarik dan banyak info2nya

    btw ka coky, mirip sm oppa2 di korea ya ^^,

    Aghhh, semoga tahun ini saya juga bisa ke korea selatan, mengikuti jejak ka coky ^^,

    • amiiiin…. buruan ke Korea kalau gitu, keburu ga demam Korea lho! heheheh…. :D

      anyway, makasih sudah nyasar di blog saya… salam kenal kembali! sorry banget baru sempet balesin. :D

  11. Victor Pangaribuan says:

    Horas lae..
    saya rencana awal April 2013 ini berangkat ke Korea Selatan dan akan mengunjungi Seoul dan Busan dengan keperluan untuk liputan tayangan Ramadhan. disana saya akan membuat dua episode tayangan ramadhan. jadi nanti saya meliput kehidupan Muslim disana (Ex: Masjid, komunitas muslim, makanan halal, dsb). kira-kira lae punya teman disana yang bisa jadi guide saya ga? Mahasiswa Muslim di Korea lebih diutamakan.. makasih ya lae.. GBU

  12. steve says:

    saran terbaik adalah jangan bawa uang tunai yg terlihat banyak di dompet dalam tas tentengan (tas kabin) waktu di pemeriksaan bandara incheon, dompet dalam tas anda akan di keluarkan (tanpa ijin anda) dan dibawa oleh petugas untuk dihitung, itu pun anda tidak boleh tau dibawa kemana dompet anda, dan anda akan dicegah/dihalang-halangi untuk melihat dompet anda dihitung oleh petugas lain….parah abis, ini pengalaman paling menjengkelkan dari semua airport di dunia, hak anda tidak ada …sama persis seperti korea utara saya pikir :(

    • wah, emang bawa duitnya berapa banyak tuh?? selama ini saya selalu taruh uang di tas kabin, dan bolak-balik lewat imigrasi Korea ga pernah ada masalah. mungkin duit yang dibawa mas Steve terlalu banyak kali… hehehe… :peace:

  13. sabbysabi says:

    thanks a lot for sharing nyaaa..btw, total perjalanan berapa hari?? Trus, dana yang keluar berapa toh? Pengenn bangetttt ke korsel soalnyaa..

    rate KRW nya sih rendah yahhh…tapi kayaknya biaya hidup + makan disanaaa nyekek yahhhhh…
    (-____-”!!!)

    • total perjalanan berapa hari?? di sana saya gak jalan-jalan koq… hehehe… kalau ditanya berapa budget-nya pun ya kurang tau jg, hehehe… :peace:

      maaf baru sempet bales komennya. makasih sama-sama sudah nyasar di blog saya. :D

  14. Saffana says:

    kak chocky, share tentang mata uang korsel dong… sama dengan berapa kalau di Indonesia.. soalnya ak msh blm ngerti.. hehehe.. mksh^^

  15. ari says:

    blog yg menyenangkan… thx for sharing yaaa.. :)
    keep up the good work!!

  16. funven says:

    wah.. senang baca blog ny…
    wong jogja jebul, hehehe
    tp koq face ny udh meng”korea” gtu y?
    hahaha
    nice blog, bro!GBU

  17. anita says:

    di tunggu post terbaru nya yaaa..
    south africa bagus loh…

  18. Tania says:

    Waah penjelasan nya lengkap ya ,, kalo ada info ttg negara lain pun boleh di share ya ..

  19. leo says:

    hi Choky salam kenal, wah baca part 1 serasa ada di sana ya hehe
    waktu ke sana biaya sendiri atau ikut tour?? kira2 untuk pertama kali enaknya tour apa individual ya? kan ada berbagai macam poster tour pas keluar pswt, untuk kurs di rupiahin berapa ya 1 Won-nya?

    • Halo Leo! Salam kenal kembali… :)
      Waktu itu saya ke sana urusan kantor, bisa jalan ya pas weekend doang. otomatis kalau jalan2 ya jalan atas inisiatif sendiri, hampir ga pernah ikut tur2 begitu. :D

      Misalkan banyak waktu, bisa browsing2 cari info dulu gitu, ya kalau saya prefer jalan sendiri. Ntar kalo ada nyasar2 bisa jadi cerita tersendiri, hehehe… transport dan petunjuk wisata di Korea sangat nyaman koq. Tapi kalau waktu yg terbatas dan sudah tau mau ke mana2nya, ambil paket tour ga ada salahnya. :)

      Untuk kurs, 1 KRW kira2 setara 7-9 IDR.
      Happy traveling ya!! :D

  20. Erick says:

    Ada rencana mo ke Korea tp lom th kapan, mungkin tahun depan..
    thanks banget atas smua info tentang korea..

  21. kita says:

    Salam…duk surfing internet terjumpa blog ni. Menarik dan lucu…hehehe… Setuju2 ‘Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung’, ‘Hujan emas di negeri orang, hujan batu di negeri sendiri, lebih baik negeri sendiri’. Terima kasih atas maklumatnya.

  22. devi says:

    lam kenal gan..mau tny tentang ke korea untuk detailnya nih gan..via email bisa ga gan? thx

  23. Ninta says:

    test3…(masuk gak yah? :D)
    Ninta recently posted.. Road To Korea …. part 2My Profile

  24. Ninta says:

    hai chocky…salam kenal yaaa…
    hehe lagi blogwalking aja nih *termasuk korban nyasar jugak ^^*…tapi nice info koq…thanx for share yaaa ^^
    Ninta recently posted.. Road To Korea …. part 2My Profile

  25. Victor says:

    Choky, salam kenal… Saya Victor, rencana awal mei ini mau ke korsel, tempat nginap yg murah tau gak ?
    Yg penting bersih dan aman ? Mohon bantuan infonya ya. Thanks a lot.

    • halo Victor, salam kenal juga… :)

      sorry, untuk tempat nginep yang murah di Korsel saya kurang bisa merekomendasikan nih. kurang pengalaman nginep2 di mana gitu pas di Korea. bbrp kali ke sana semuanya cuma di hotel yang sama dan gratis. :D
      mungkin bisa coba cari di http://www.hostelworld.com, saya dulu book hostel di Phuket via web itu. mungkin itu aja kali ya yang bisa saya bantu kalo nanya masalah nginep2, sorry kalo kurang membantu. :D
      makasih sama2… happy traveling!! :D

  26. cenul6690 says:

    waahh…iseng2 gk sngaja nyasar ke blog ini…. :)
    postingan’na kren2 mas n info’na mmbantu banget… :D
    slam kenal ya mas,, mksh sblm’na bsa jln2 ke blog’na jd bsa mmpi2 dlu kkorea.hehehe :))

    • halooo… salam kenal juga. :)
      jangan cuma mimpi, kalau kata Agnes Monica itu “dream, believe, and make it happen” :peace: *halah*
      makasih sama2 sudah nyasar di blog saya, senang kalo misal bisa membantu. :D

  27. zoel says:

    ceritanya bagus om :) do’akan saya juga bisa pergi kesana ^_^

  28. rayi says:

    wuiiii…
    planning buat september ke korea harus jadiiii!*mupeng*
    udah dingin belom yak bulan2 september gitu?

  29. fitriashin :)) says:

    아이고 …..
    pengen banget kesana….

  30. [...] melanjutkan post Part 1 sebelumnya tentang bandara Incheon, catatan di Korea Selatan Part 2 ini saya akan menulis sekilas tentang bagaimana sih kondisi Korea [...]

  31. Faisal says:

    Sekarang sih cuma bisa membayangkan saja mas hehehe
    Boro-boro pesawat, naek kereta aja saya belum pernah :’(
    Boro-boro keluar negeri, keluar kota aja saya jarang :lol:
    Faisal recently posted.. Update Google Pagerank Februari 2012My Profile

    • serius mas naik kereta belum pernah?? wah, harus dicoba lah mas pergi ke mana, minimal naik kereta dulu. hahaha… :D
      jadi inget, stasiun Cirebon tuh bangunannya jg lumayan bagus. sayang ga mampir, cuma numpang lewat doang. :)

  32. andhi says:

    mungkin ” di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung” …..

  33. Adang says:

    catatan anda sungguh segar… menarik sekali

    salam kenal

    Revolusi Galau

  34. Andiaz Uno says:

    Samsung loungenya mana gan? :D
    Andiaz Uno recently posted.. Kredit Motor 0% dengan Kartu KreditMy Profile

  35. itkas says:

    setuju buanget, masalah kampanye iklan rokok, anti narkoba, anti korupsi mending ditiadakan aja… cocok bro
    itkas recently posted.. Menepati DeadlineMy Profile

  36. -rizka- says:

    aiiiihhhh ponian *komen penting* #lhooo

    “Di Incheon, begitu keluar pesawat, kita bakal digoda dengan iklan-iklan pariwisata Korea yang mencolok di tembok tembok di sepanjang jalan mulai dari garbarata hingga loket imigrasi.”
    << sudah pernah tergoda? *bener-bener-komen-yang-penting*
    -rizka- recently posted.. Perpanjang SIM via Layanan SIM KelilingMy Profile

  37. Alid Abdul says:

    ahahaha sementara yang paling canggih yg gue kunjungin si Changi Airport di Singapore. yaahhh bagi gue bandaranya bisa jadi tempat wisata tersendiri hahaha,,,
    Alid Abdul recently posted.. Berbahaya dan Eksotisnya Kawah SikidangMy Profile

  38. ellalae says:

    10 jempol buat postingan tentang korea-nya.. kkk~
    nabung ahhh biar bs ke korea.. :D
    ellalae recently posted.. 4 tahun eyang kakung..My Profile

CommentLuv badge
%d bloggers like this: