38

Cara Perpanjang Paspor On-Line di Imigrasi Jakarta Pusat

Bulan Oktober 2013 yang akan datang, paspor saya genap berusia lima tahun, atau dengan kata sudah nyaris expired. Nah, setelah cari-cari informasi di sana sini bagaimana cara memperpanjang paspor paling enak dan nyaman, oleh teman disarankan untuk memperpanjang pasport secara online. Kalau misal mengurus perpanjangan secara walk-in (off-line), bisa-bisa harus antri dari jam 5 pagi! :hammer: kebetulan sekali pilihan kantor Imigrasi Jakarta Pusat yang melayani perpanjangan paspor on-line lokasinya cukup dekat dari kantor dan tempat tinggal saya. :)

Kantor Imigrasi yang saya pilih adalah Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Pusat, yang hingga Agustus 2013 ini melayani khusus perpanjangan saja. Alamatnya adalah Jalan Merpati Blok B-12 Kemayoran, Jakarta Pusat.


Registrasi Online

Tahapan untuk perpanjang paspor online adakah sebagai berikut :

  • melakukan registrasi di Imigrasi.co.id, di sini
  • pada registrasi online ini tidak ada dokumen yang perlu di-upload, semua hanya isian data saja
  • pada tahap akhir proses registrasi, kita diharuskan memilih tanggal dan waktu kedatangan kita ke imigrasi (dan nantinya kita memang harus datang sesuai jadwal yang kita pilih)
  • setelah registrasi komplit, sebuah email konfirmasi akan dikirimkan ke alamat email kita
  • print bukti konfirmasi tsb untuk nantinya dibawa pada saat kita akan ke kantor imigrasi

Nah, proses registrasi di Imigrasi online sudah selesai. Selanjutnya kita tinggal datang ke kantor Imigrasi sesuai dengan tanggal dan waktu yang sudah kita tentukan. Ingat, harus sesuai jadwal yang sudah dipilih ya. Saya yang datang sesuai dengan jadwal aja, masih dijutekin sama mbak-mbak petugas Imigrasi. :hammer:


Dokumen prasyarat

Selain harus tepat waktu, dokumen-dokumen syarat perpanjangan juga tentu harus dibawa. Dokumen-dokumen tersebut adalah :

  • Print Surat Konfirmasi yang dikirimkan ke email (Tanda Terima Pra Permohonan)
  • Buku Paspor lama, asli dan foto kopinya
  • KTP, asli dan foto kopinya
  • Kartu Keluarga, asli dan foto kopinya
  • Ijazah, asli dan foto kopinya
  • Surat Baptis, asli dan foto kopinya (kalau ada)
  • Surat Referensi / surat keterangan masih bekerja dari kantor (kalau ada, waktu itu saya ga pakai sih :D )

Map Kuning Kantor Imigrasi Jakarta Pusat

Perpanjang Paspor Online

Proses Perpanjangan Paspor di Imigrasi Jakarta Pusat

  • Sesampainya di kantor Imigrasi Jakpus, langsung ke pos security yang ada di depan persis pintu masuk gedung
  • Petugas security akan check kelengkapan kita, apakah kita juga sudah membawa berkasi asli dan copy-nya, termasuk jam kedatangan kita apakah sesuai dengan jadwal atau tidak
  • Setelah dokumen prasyarat dirasa lengkap, kita harus mengambil map kuning Imigrasi di koperasi. jangan lupa persiapkan juga 1 foto kopi KTP, sebagai syarat mengambil map tsb. Map Kuning itu gratis. Saran sih, mending sebelum ke Security langsung ambil Map Kuning dulu aja, daripada bolak-balilk :hammer:
  • Kembali lagi ke security, dokumen-dokumen tadi dimasukkan ke dalam map kuning untuk kemudian melakukan aktivasi permohonan dokumen ke petugas yang lokasi kiosk-nya jg berdekatan dengan security
  • Selanjutnya saya dipersilakan naik ke lantai atas ke loket 1 atau 2 untuk proses penyerahan dan validasi berkas. Di sini baru diminta untuk menunjukkan asli dari berkas-berkas dan mencocokkan data seperti nama, tanggal lahir, alamat, dsb.
    *WARNING 1 : awas anjing petugas galak*
  • Berikutnya saya disuruh ke lantai bawah untuk mendapatkan nomer antrian ke kasir.
    *WARNING 2 : Pastikan kita mengatakan kalau kita ini DAFTAR ON-LINE – dan pastikan juga bahwa kita dilayani Petugas yang tau tugasnya, bukan sok tau :nohope: *
    *WARNING 3 : Untuk kita yang mendaftar online, pastikan juga bahwa petugas melakukan SCAN BARCODE dari surat konfirmasi kita, karena nomor antrian antara walk-in dan online itu terpisah
  • setelah mendapat nomor antrian di kasir, tunggu untuk bayar (biaya per Agustus 2013 adalah sebesar 255 ribu rupiah untuk paspor perorangan 48 halaman)
  • habis dari kasir, tunggu panggilan wawancara dan foto, untuk kemudian ke loket pengambilan paspor baru. kalau kita baru selesai sesi wawancara dan foto siang menjelang sore, tentu kita akan dipersilakan untuk mengambil waktu besok-nya
  • Pada waktu mengambil paspor, apabila kita ingin membawa pulang paspor lama, kita memerlukan 1 buah materai (digunakan untuk tandatangan dokumen permohonan permintaan paspor lama), selain itu kita juga harus menyerahkan foto kopi paspor yang baru (artinya, kita harus turun dan naik kantor imigrasi karena fotokopi hanya dilayanin di koperasi di lantai bawah, efisien banget ya!? :hammer: )

Kenapa saya tulis beberapa warning di atas? Karena selain ada beberapa petugas yang rada-rada judes saat melayani, saya juga sempat dilayani oleh petugas yang sok teu. Saya yang pendaftar online, karena ketidaktauan petugas, saya jadi mendapat nomer antrian umum. Apa efeknya? Seharusnya jam 12 siang saya sudah bisa kelar tahap wawancara +  foto, dan tinggal menunggu paspor jadi, eh karena masuk ke antrian umum akhirnya proses wawancara + foto baru selesai nyaris jam 4 sore. :hammer: berasa nyahok banget ga sih!?? :nohope:

OK, itu sedikit catatan saya saat mengurus perpanjangan paspor di Imigrasi Jakpus. Semoga bermanfaat… :)

 

  1. Desy says:

    Hi,
    Berguna banget ini postnya – saya juga lagi cari2 info mau perpanjang passport online. Yang mau ditanyakan, pas perpanjang ini passportnya sudah habis masa berlaku atau kurang dari 6 bulan? Kalau masih kurang dr 6 bulan, pilihan yang diambil yang mana ya, “Penggantian – Habis Berlaku” bukan?

    • iya, benar. pilih saja penggantian (habis masa berlaku), toh paspor yg masa berlaku kurang dari 6 bulan sudah ga bisa buat apa2, hehehe… waktu itu masa berlaku paspor lama saya habis di bulan Oktober dan saya urus perpanjang di bulan Agustus. konsekuensinya adalah masa berlaku untuk paspor baru dihitung dari tanggal perpanjangan, bukan melanjutkan dari paspor lama. mungkin itu informasinya, makasih yaa sudah mampir di sini. :)

  2. Natalie says:

    Mengenai konfirmasi tanggal kedatangan, saya telah mengisi No.Bukti Pembayaran dari BNI dan Captcha Code kemudian Cek Tanggal. Namun pada page tersebut tidak muncul tanggal-tanggal yang hendak kita pilih. Yang muncul -4:Err while Registering InteractiveRQ
    Mohon minta petunjuk dan arahannya. Terima kasih.

  3. fie says:

    thx for d info chocky… btw klo dlu bwtnya passport d jogja.. taw ga klo perpanjang bisa d jkt kah dan daftar scr online? :)

    thx b4..

    • logikanya boleh lah ya.. karena paspor saya itu juga dikeluarin oleh Jakarta Timur (bukan Pusat), dan mengurus perpanjang di Jakarta Pusat. :D
      itu aja kali ya yang bisa saya info kan, semoga bener. dicoba aja daftar dulu secara online.. hehehe.. makasih sama2 sudah mampir di sini :)

  4. jacky ellen says:

    halo, pak choky, atau, ?
    mau tanya nih, kalau perpanjang paspor online,\
    kan ada tahap yang suru attach file,
    apakah semua file wajib di attach,
    atau hanya perlu satu?

    • halo juga.. maksudnya apa tuh “atau ?” hehehe… *bingung*

      wah wah.. saya baru cek dan coba lagi, ternyata url web nya sudah ganti ya? :hammer: kalau dulu saya ga perlu upload apa-apa sih pak, tapi di sistem yang baru, kalau saya baca di web nya, dokumen yang minimal harus diupload adalah Copy KTP WNI, Copy Kartu Keluarga, Copy Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah. Mungkin itu aja pak, kalau dokumen lain mau ditambahkan ya silakan. :)

  5. moza says:

    Mas klo mu urus paspor baru bisa one day service juga ya, yg di jakpus dan jakbar itu. Saya telp humas imigrasi ga diangkat2 dwoooonk..

    Ada pengalamankah?
    Lagi menimbang apa mau urua sendiri atau pake calo coz saya pny bayi. Ksian anutri lama di imigrasi. Sumpek dan banyak yg merokok

    TIA

    • kalau paspor baru saya kurang tau nih. untuk di Jakpus yang di Kemayoran itu melayani khusus perpanjangan saja mb. Kalau bikin baru di kantor imigrasi yang lain (deket St. Kota kalau ga salah), dan setau saya kalau bikin paspor baru blm ada yg 1D service. Telp ke imigrasi memang ga pernah diangkat, bingung jg itu telp buat apaan… :hammer: mgkn itu jawaban dari saya, maaf kalau kurang membantu… :D

  6. Ryo says:

    Mas chocky, mau tanya kalo paspor sudah habis masa berlaku nya (expired Jun-13) apakah bisa juga dgn prosedur perpanjangan online ini? Kalau tdk bisa harus gimana kah caranya? Mohon info nya

    • maaf ya sebelumnya, baru sempet bales nih. taun baruan malah sibuk banget… :)

      kalau yang sudah expired gitu saya kurang ngerti jg nih, apakah bisa menggunakan sistem perpanjang atau harus seperti bikin baru. mungkin bisa ditanyakan ke call center nya Imigrasi mas. :)

  7. Ryo says:

    Mas chocky, mau tanya kalo paspor sudah habis masa berlaku selama 6 bulan dari tanggal expired (Jun-13) apakah masih bisa perpanjang dgn prosedur online ini? Kalau tidak bisa harus gimana ya caranya?

  8. Cara says:

    oh, begitu ya caranya untuk perpanjang paspor online, infonya sangat membantu gan, thanks sudah share :)
    Cara recently posted.. Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat Dan AlamiMy Profile

  9. Untung says:

    Oh ya, tanya dikit Bro Chocky, kalo baca ketentuannya, kalo daftar online kita harus bayar ke BNI minimal pada hari H-1, tapi bayar ke rek bank mana? tidak ada info no rek bank nya. Mohon informasinya.

    Thanks

    • maaf mas baru bales, agak bingung sama pertanyaannya sih. :D
      saya coba akses link imigrasi online kok ga bisa terus ya… :hammer: kurang tau baru down situsnya, atau kena block dari ISP saya ya.. saya ga tau kalau sudah ada perubahan aturan, tp waktu saya apply, ga ada bayar2 dulu tuh. :)

      • Untung says:

        Bro Chocky, ini link pendaftaran online kan..
        https://onlinedpri.imigrasi.go.id/Login.aspx

        trus setelah selesai register, muncul halaman terakhir, berisi summary pendaftaran dan catatan pada bagian bawah, yang sama dengan isi email yg saya terima sbb:
        1. Mulai 16 Oktober 2013 khusus permohonan paspor di Kanim Jakarta Pusat, pemohon harus melakukan pembayaran di cabang BNI terdekat.
        2. Pemohon harus melakukan pembayaran 1(satu) hari/H-1 sebelum jadwal kedatangan, jika belum melakukan pembayaran maka registrasi dianggap hangus dan harus melakukan registrasi online kembali.
        …….
        saya berusaha cari no rek bni nya tapi belum ketemu..

        Thanks

        • wah, aturan baru saya kurang tau nih… saya jg ga bisa “iseng” coba registrasi di web itu, jadi maaf kalau kurang bisa membantu, hehehe… coba aja mgkn mas tanya di nomer telp / kontak yang ada di web imigrasi. tp ya sabar aja sih ya, pengalaman nelpon imigrasi jg jarang diangkat, kalaupun diangkat, angkatnya lama.. :hammer: itu dulu sih, semoga skrg sudah berubah lebih baik :D

        • diana says:

          maaf kalau mungkin reply ini terlambat. saya baru saja mencoba daftar online..
          saya menemukan nomor rekeningnya di email konfirmasi tanda terima pra permohonan.
          adanya di atas barcode yang ada di kertas.
          sekian informasinya. semoga bisa membantu :)

  10. Untung says:

    Infonya bermanfaat bro Chocky.. Tenk U banyak.. HORAS !!!

  11. Jessica says:

    Lagi gugling cara perpanjang paspor, eh ketemu blog ini. Infonya detail banget, mantap banget deh hehehe.. Btw tau ga yah, perpanjang paspor itu apakah harus di kota asal sesuai KTP? Soalnya KTP-ku Bandung, paspor lama juga buat di Bandung, tapi sekarang kerja di Jakarta. Agak ribet ya klo musti cuti2 demi ngurus paspor.. :’(

  12. ellen says:

    boleh tau, ancer2 gedung imigrasi jak-pus ini dimana ya, buta eui…makasih ya

    • ancer2nya ya… hm… kalau dari arah pasar baru, ke arah kemayoran (ambil kiri, jgn lewat jalan bawah tanah), trus lurus pas sebelum Rumah Sakitnya Garuda Indonesia, belok kiri, trus belok kanan. lurus terus sampe ada belokan ke kiri, lurus aja terus (di jalan itu di sebelah kanannya ada Kantor Pemadam Kebakaran). lurus sampe mentok di Gereja besar yang atapnya biru. trus belok kiri, trus pas p4an, belok kiri lagi. Udah deh Kantor Imigrasi di deretan sebelah kiri. *hosh… semoga ancer2nya bener yak* :)) makasih sama2 sudah nyasar di sini :)

  13. Indrie says:

    Thanks Chocky info nya…
    saya mau tnya, kalau mau perpanjang paspor itu harus pas masa berlaku nya habis atau bisa berapa bulan sebelum nya ya?
    Lebih enak perpanjang via online or datang langsung (1 day) ya..?saya kebetulan ada di wilayah jakarta pusat.
    Makasihhh ya seblm nya…

    • pada dasarnya sih kalau masa berlaku paspor sudah di bawah 6 bulan kan sudah nggak bisa dipake buat keluar tuh, jadi ya tergantung kebutuhan aja sih. kalau perpanjangan sih bisa2 aja bbrp bulan sebelum, tp konsekuensinya masa berlaku paspor baru adalah saat paspor baru dikeluarkan bukan nyambung dari paspor lama. :)

      kalau dari pengalaman saya dan temen2, enakan ya perpanjang online. selama kita pilih jadwal pagi, 1D service tetep bisa. kalau datang langsung antriannya kadang gila2an, subuh-subuh sudah pada antri lho. :nohope: dan kalau kita dateng pas jam buka kantor imigrasi, jam 8an gitu, berdasarkan pengalaman temen jam segitu sudah ga dapet nomer antrian, alias harus coba esok harinya. :hammer: kalau tanya saya, ya saya rekomendasikan daftar online :D makasih sama2 sudah nyasar di sini :)

  14. Rudy says:

    eh perpanjang butuh ijazah kuliah/SMA? ijazah saya entah dimana sekarang :(

  15. Agustina says:

    makasih buat sharingnya yaaa… should be very useful… Lagi mau coba perpanjang sendiri neh, via online, tapi mgkn sesuai domisili, ke Jakarta Barat aja deh! Let’s see how things will work… Appreciate so much for your info, thank you! :)

  16. Oline says:

    Chocky …… ketemu juga website mu gara-gara googling kalender 2014. Sama, gw juga baru ngurus paspor onlinedi sini. Cepet. Tapi kalo mau one day service musti datang sebelum lunch, kalo setelah lunch, paspor baru bisa diambil besoknya.

    • hahaha… cie oline akhirnya nyasar juga di blog-kuuu! :))
      iya itu, aku jg awal berencana maunya 1D service, eh gara2 “kasus” di atas itu, makanya yang harusnya bisa kelar wawancara + photo jam 12 siang, jam 4 sore baru kelar. :hammer:

  17. Agnes says:

    tadi cari kalender hari libur nasional, masuk deh ke blog chocky, trus saya uda booking tiket (berdasarkan panduan hari libur nasional ituh) buat liburan. hahaha. kelar booking, kan passport saya uda mau expired juga tuh taon depan..saya googling info perpanjangan online..eh keluar blog chocky lg. makasih ya, info2 kamu berguna bgt :) untuk kehidupan kita sehari2 di tanah air indonesia.. *ceileh
    makasihhhhh!

  18. rintadita says:

    Thanks Chocky, berguna banget ini infonya. Paling gak nyiapin mental dulu buat ngadepin anjing eh petugas galak :D btw kalo perpanjang pasport itu nomer pasport-nya bakalan ganti atau tetep sih? makasih yaaa sebelumnya
    rintadita recently posted.. Mengintip BaselMy Profile

    • hahahaa… ga semua petugasnya galak / judes sih, cuma kemarin ada yang jutek gitu aja sih, langsung mau “nyemprot” main nyalahin padahal dia-nya yang ga teliti baca tanggal. :D
      untuk nomer paspor, nanti kita akan mendapat buku baru plus nomer yang baru juga *padahal udah terlanjur apal banget nomer paspor lama* hehehe… makasih ya sudah nyasar di sini :)

CommentLuv badge