Sekarang, pesen taxi Blue Bird bisa dilakukan melalui handphone. Maksudnya bukan melalui panggilan telpon ya, tapi melalui aplikasi-aplikasi di smartphone yang saat ini sudah mulai marak. Salut buat Blue Bird Group yang sadar akan sebuah peluang untuk semakin memudahkan pelanggannya memesan taxi mereka. Tanpa perlu telepon ke operator, kita cukup melakukan reservasi taxi melalui aplikasi yang terinstall di handphone kita. praktis dan canggih! :)

Blue Bird Taxi Mobile Reservation

Kalau baca di web resmi Blue Bird Group di sini, aplikasi Taxi Mobile Reservation sudah tersedia untuk 3 jenis smartphone, yaitu BlackBerry, iPhone dan Android. Berhubung saya pengguna sistem operasi si robot ijo, jadi saya baru ada kesempatan mencoba aplikasi berbasis Android. Setelah mendownload aplikasi Blue Bird Taxi Reservation dari Android market sejak beberapa minggu lalu, akhirnya ada kesempatan untuk mencobanya.

Kesan pertama mencoba aplikasi reservasi taksi milik Blue Bird ini adalah canggih! Setelah melakukan registrasi yang cukup simpel di awal pertama kali menggunakan aplikasi tsb, kita cukup memasukkan nama jalan dari alamat kita. Kemudian aplikasi akan mencari nama jalan yang sesuai dengan database di maps. Setelah dapet nama jalan, layar aplikasi akan berganti menjadi sebuah peta di mana kita bisa menunjukkan posisi akurat lokasi penjemputan.

Selanjutnya kita cukup memasukkan detail alamat seperti nomer rumah, dsb. Selain itu ada juga kolom isian untuk memberi petunjuk tambahan misal seperti “nanti tanya security di lobby”, “rumah kedua setelah belokan ke kanan” dsb, bisa diisi apapun sebagai isian teks bebas. Kita bisa memilih jenis taxi, dari Regular Taxi hinggan C Class / Camry. Bila dirasa pilihan sudah cucok semua, klik “Order” deh… :D

Tampilan Aplikasi Blue Bird Group Taxi

Keunggulan aplikasi ini juga sudah mengadopsi teknologi GPS. Dari tab menu “Tracking” kita bisa mengetahui posisi Taxi yang sedang menuju lokasi kita sesuai dengan orderan tadi. Jadi kita bisa tau, di mana posisi terakhir mobil taxi, masih jauh atau tidak. Kalau dirasa masih jauh, mungkin kita bisa menunggu di dalem rumah atau disambi ngapain gitu. Keren yak? Hahaha… :))

Setelah proses order dinyatakan berhasil, sekitar 15-20 menit kemudian sebuah taxi Blue Bird datang menjemput saya. Untuk waktu ini, semua tergantung traffic ya. Tapi pengalaman teman saya juga taxi dateng menjemput sekitar 10-15 menit setelah proses order selesai.

Beberapa batasan aplikasi ini hingga awal Maret 2012, yang pertama adalah lokasi jangkauan masih sebatas Jakarta dan sekitar saja sepertinya. Kedua, dalam reservasi taxi yang dilakukan “required time” hanya ada “Now” alias saat itu juga, masih belum bisa reservasi untuk beberapa jam ke depan seperti kalau reservasi via telpon. Saya pikir sih, kalau dilihat dari desain aplikasinya, pasti fitur tsb masih dalam tahap pengembangan.

Kesimpulan saya, aplikasi seperti ini sungguh sangat membantu dan bermanfaat. Good job lah buat Blue Bird Group!! Harap diingat, aplikasi ini pastinya membutuhkan koneksi internet (GPRS), jadi pastikan koneksi internet anda cukup OK untuk bisa melakukan reservasi. Oh ya, ini bukan post berbayar lho ya, ini pure review singkat dari saya sekaligus berbagi info. ;P

Untuk download aplikasinya bisa  langsung mampir ke situs resmi Blue Bird group di sini. Yang mau tau petunjuk lengkap ini itunya mulai dari registrasi hingga gimana cara ordernya, bisa langsung nongkrong di sini.

images : chip online