:: Day 2 – Jumat, 28 Mei 2010 ::

Inilah hari kedua! Lanjutan dari catper Day 1. Bangun pagi-pagi, mandi dan langsung check-out dari hostel, kita langsung jalan menuju ke rental mobil yang ada di Ratsada Road. Jalan kaki sekitar 10 menit lah dari hostel. Kita memutuskan untuk akhirnya menyewa mobil dengan pertimbangan karena kita sudah bawa semua barang bawaan, takutnya kalau naik motor susah berbonceng-boncengan gitu.

 

Tarif rental per 24 jam, tanpa bensin :
1. mobil (Soluna Matic) – 1000 Baht
2. motor matic – 250 Baht
3. motor manual (bebek biasa) – 150 baht

Tidak perlu SIM Internasional untuk bisa sewa mobil di sana. Syaratnya cukup nunjukin SIM Indonesia, trus serahin PASPOR (yang bakal nyupir) buat jaminan. Untuk mobil, harga sewanya cuma untuk mobil doang. tidak termasuk bensin dan sopir alias sopir sendiri. Sistem rentalnya, pertama kali kita diserahkan kunci mobil, tanki bensin sudah dalam kondisi full, besok kembali juga harus kembali diisi full.

Car Rental in Ratsada Rd, Phuket Town

Car Rental in Ratsada Rd, Phuket Town

OK, hari ke dua dimulai dari perjalanan yang nyasar entah ke sebuah Wat yang kita gak tau namanya! :)) Sebenernya yang kita cari itu Wat Phranang Sang di daerah Thalang Town. Perhentian pertama, mampir ke Wat yangKitaTidakTahuNamaNya. Berhubung memang tgl 28 Mei 2010 tepat hari Waisak, makanya Wat sedang rame-ramenya. Banyak orang berkumpul dan berdoa.

a Wat in Talang Town, Phuket

a Wat in Talang Town, Phuket (akibat nyasar!) 🙂

Dari Wat ini kita melanjutkan perjalanan dan akhirnya nemu Wat Phranang Sang yang sesungguhnya! Ternyata Wat Phranang Sang itu letaknya di pinggir jalan yang kita sudah pernah ngelewatin sebelumnya! :))

Yang unik dari Wat Phranang Sang adanya Patung Dewi Kwan Im besar di tengah-tengah pepohonan gitu. Tapi sayang sih bukan hutan bambu…! 😀 hehehe… Selain itu juga ada patung-patung Buddha kecil per nama hari gitu (Monday s/d Sunday).

Sedikit gambaran Wat Phranang Sang :

Kwan Im Statue in Wat Phranang Sang

Kwan Im Statue in Wat Phranang Sang

Wat Phranang Sang, Buddha of Tuesday

Wat Phranang Sang, Buddha of Tuesday

The Buddha and the monk

The Buddha and the monk in Wat Phranang Sang

Setelah dari Wat Phranang Sang, kita lanjut ke Wat Phratong yang lokasinya memang masih beradai di daerah Talang.

Wat Phratong

Wat Phratong

Kita nggak sempet masuk ke dalem bangunan utama di Wat Phratong, karena di dalemnya sedang digunakan buat upacara / ritual gitu.

Siang harinya, kita langsung menuju ke arah Patong, tepatnya ke food court yang ada di pasar Banzaan. Tujuan utama ke sini memang cari lunch. Banzaan fresh market letaknya di belakang Jungceylon Mall, satu-satunya Mall yang ada di sini. Kita memarkir mobil di Jungceylon sini. Di sini lah pertama kalinya kita bayar tarif parkir selama di Phuket! 😀 Jungceylon layaknya bangunan mall-mall kebanyakan, tapi karena satu-satunya Mall jadi sepertinya wajib kunjung juga, selain itu bisa numpang ngadem! 😀

Banzaan Fresh Market

Banzaan Fresh Market

Di Banzaan Fresh Market ini, food courtnya terletak di lantai atas. Di sini nih kalau mau makan murah meriah dengan porsi lumayan! Sekali makan dan minum cuma habis 35-45 Baht. Sistemnya, kita harus deposit dulu, terserah berapa puluh atau ratus Baht. Selanjutnya kita akan diberi kartu untuk nantinya digunakan sebagai transaksi pembayaran di counter2 makanannya. Nanti kalau ada sisa, kita tukerkan kartu tadi dengan uang sisanya. Tidak terlalu simple, tapi cukup memudahkan… 🙂

Selesei lunch, kita lanjut perjalanan ke Wat Chalong. Bisa dikatakan, Wat Chalong ini Wat terbesar yang ada di Phuket. Dan benar, terasa sekali perayaan Waisak di Wat Chalong ini. Rameee polll!Ada beberapa bangunan besar yang bisa dikunjungi di sini. Sayangnya ada 1 bangunan yang lagi direnovasi waktu kita ke sana. 🙁 kurang deh 1 spot untuk nampang2 di depannya… :hammer:

Wat Chalong Park

Wat Chalong

Wat Chalong 2

one of temple in Wat Chalong Park

Puas dari Wat Chalong, kebetulan waktu sudah rada sorean, kita langsung pindah spot ke Promthep Cape. Lokasinya berada di bagian selatan dari pulau Phuket itu sendiri. Promthep Cape memang terkenal sebagai tempat untuk liat matahari terbenam alias Sunset View Point. Tapiiiii…., waktu kita ke sana mataharinya ketutupan awan! :hammer: gagal deh menikmati sunset di sono.

Promthep Cape View Point

Promthep Cape View Point, Phuket

Di Promthep Cape ini ada semacam souvenir shop gitu. Sempet beli kaos di sini. Harga sekitar 150 Baht, kaos putih tapi bahan lumayan lah.

Dari Promthep Cape kita balik lagi ke daerah Patong dekat dengan Jungceylon tadi. Daerah sini memang salah satu pusat keramaian di Patong. Aselinya tujuan utama balik ke daerah sini adalah liat BANCI! Maksudnya banci ya macam lady boy… dan sepertinya kita salah tempat, di kanan kiri malah adanya banci serem! :hammer: Di daerah sini, kita sempet cari makan malem dan makan sea food dimasak bumbu ala Thailand.

Oh ya, sebelumnya di daerah Kamala Beach kita sempat berhenti sebentar dan cari-cari informasi ferry untuk penyeberangan ke Phi-Phi besok paginya. Akhirnya setelah beberapa kali survey harga, kita dapet deal harga 350 Baht/orang untuk 1 x menyeberang Phuket-Phi2. Harga itu termasuk fasilitas jemputan di lokasi yang dijanjiin. Berhubung kita masih nomaden, kita tetep janjian di Phuket Backpacker Hostel, depannya maksudnya! 😀

Nah, karena mobil yg kita sewa itu untuk 24 JAM, maka kita memutuskan untuk tidur di pinggir jalan, di dalem mobil! ngirit euy… NGIRIT! :)) Tapi, mengingat battery hape, kamera dsb sudah pada menipis, akhirnya kita memutuskan untuk mampir ke McD di depan pantai Patong yang buka 24 jam. Tujuan utamanya adalah re-charge battery! sambil beli sedikit makan-minuman, main UNO beberapa set, kita tunggu battery ke-isi dulu. :))

Sekitar tengah malam, setelah cabut dari McD di Patong, kita memutuskan untuk balik ke daerah Phuket Town, parkir mobil di dekat rental mobilnya, dan memutuskan tidur situ. Tidak terlalu nyenyak (karena banyak nyamuk! -_-‘) tapi tetep lumayan lah… 😀

The car and us

The rented car and us 🙂

OK, perjalanan hari kedua selesei sudah, saatnya istirahat dan mempersiapkan diri buat tour ke Phi-phi esok harinya! ^^

Phuket Map

Phuket Map

Phuket Map

Car Rental in Ratsada Rd, Phuket Town