Hayo hayooo, siapa yang belum tau kalau saat ini sedang ada pameran seni rupa kelas internasional di Jakarta? Tepatnya pameran senirupa kontemporer internasional, yaitu Jakarta Biennale #14 – 2011. Jakarta Biennale merupakan event reguler yang diadakan tiap 2 tahun sekali, dan pada tahun 2011 ini merupakan event Jakarta Biennale ke empat belas yang diadakan.

Jakarta Biennale 2011

Meskipun sudah ada semacam acara pemanasan Jakarta Biennale sejak bulan Juli lalu, namun acara Grand Opening Jakarta Biennale itu sendiri baru diadakan hari Kamis lalu (14 Desember 2011). Grand opening ceremony-nya itu sendiri diadakan di gedung Galeri Nasional, Jln. Medan Merdeka Timur – tetanggaan lah sama kantor :P. Event ini resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, pak Fauzi Bowo. Nah, dari pidato singkatnya dia, kalau gak salah sih “Biennale” tetep dibaca sesuai tulisannya “bie-nall-le” – cmiiw :)

Selain di Galeri Nasional, event Jakarta Biennale juga diadakan di banyak tempat yang lumayan tersebar di Jakarta. Saya uplod peta venue pameran dan informasi detailnya – cuma hasil scan dari flyer yang saya dapat saat dateng ke upacara pembukaannya. Silakan dibuka untuk dapet versi ukuran besar dari peta dan info detailnya. :D

map

Jakarta Biennale Venue Details

Ada juga sedikit oleh-oleh foto dari seni rupa yang ada di Galeri Nasional malam itu. :)

me
It’s the art of God. :D

grape
“Grape”  |  Ai Wei Wei – China

room
Gak tau maksudnya apaan, ada semacam kamar kosong begitu.

It Doesn’t Like What You Think
“It Doesn’t Like What You Think”  |  Itsnataini Rahmadillah – Indonesia

holyshit

tank

joker

pria lebay
Patung di atas ini namanya “Pria Lebay”  |  Taufik – Indonesia

website resmi : Jakarta Biennale