:: Day 3 – Sabtu, 29 Mei 2010 ::

Pagi-pagi, setelah urusan rental mobil selesei, kita langsung jalan menuju ke (depan) Phuket Backpacker Hostel. Seperti yg sudah saya tulis di catper Day 2, Pick-Up Point dari agent tour memang di situ, sesuai kesepakatan awal. Sekitar jam 8.20 kita sampai ke dermaga (Phuket Pier). Sampai di dermaga, petugas dari agen tour langsung mengarahkan rombongan untuk menuju ke ferry. Sebelumnya kita bakal dikasi stiker buat penanda bahwa kita itu klien dari agen tour mana. Koordinasinya cukup baik lah! πŸ™‚

Jam 9.00 kurang-kurang dikit, ferry langsung jalan menuju ke Phi-phi. Ferry yang digunakan nyaman dan lumayan bagus. terdiri dari 3 lantai, dan semuanya ber-AC, jadi gak berasa panas. Selain itu di setiap kursi penumpang sudah ada life-vest, jadi seandainya ada apa2, gak bakal ada kamus rebutan life-vest! siip lah…!! ^^

the ferry, Phuket to Phi-phi
the ferry, Phuket to Phi-phi

Suasana di lantai paling atas biasanya paling penuh, karena letaknya yang tinggi jadi view-nya juga lumayan. Begitu juga lantai tengah. Berhubung kita niatnya mau istirahat, jadi kita menuju ke lantai bawah yang ternyata kosong song song! lumayan lah bisa tidur2an bebas…. πŸ˜€

Oh ya, sewaktu di ferry, kita sempat disamperin seseorang dari agen tour gitu. Mas-nya itu menawarin bantuan untuk cari hotel sesuai budget kita. Setelah berunding harga, fasilitas dan tetek bengeknya, kita deal untuk menerima tawarannya. Kita diberi stiker lagi, sebagai penanda gitu supaya nanti ada rekannya yang ada di dermaga bisa “menyambut” kita. Tujuannya supaya kita bisa bebas dari calo gitu. Salut deh sama manajemen pariwisata di Thailand ini!! hebaaat….! πŸ™‚

Inside the ferry

Inside the ferry

Penyeberangan Phuket ke Phi-phi butuh waktu sekitar 2 jam. Sebagai informasi, Phi-phi Island itu ada 2 pulau besar, yaitu Phi-Phi Don dan Phi-Phi Leh. Yang ada penduduk dan digunakan sebagai resort-resort adalah Phi-Phi Don Island, sementara Maya Bay dan Viking Cave itu terletak di Phi-Phi Leh Island. Jadi yang sering disebut-sebut nyebrang ke Phi-phi itu maksudnya nyebrang ke Phi-Phi Don Island.

Jam 10.20an kita nyampe juga ke Phi-Phi Don Island. Dan begitu turun, pemandangan alamnya langsung nonjok rasanya! Untuk laut atau pantai, mungkin seperti kebanyakan pantai di Indonesia (bahkan lebih bagusan Indonesia! ^^). Tapi pemandangan bukit-bukit khas Phi-phi itu yang terasa unik. Thank God, You gave me a chance to see the beauty of Your creation! πŸ™‚

Phi-phi Don Pier
Long-tail boats in Phi-phi Don Pier

Keluar dari dermaga, kita langsung disambut orang agen (karena memakai stiker tadi) terus dibawa ke loket agen tour tadi. Di sana kita bisa memilih puluhan macem hotel, mulai yang kelas ekonomis sampai kelas mahal. Kita pun pilih hotel yang sesuai budget alias ekonomis! :))

Lokasi hotelnya emang rada jauh masuk ke dalam gitu, tp persis di deket pintu menuju ke Phi-Phi View Point. Yah, kira-kira jalan 10 menit lah dari dermaga hingga sampe ke hotelnya. Ada service ngangkut tas-tas kita oleh petugas mulai dari tempat booking tadi hingga ke depan hotel. Lumayan lah! πŸ™‚ Tarifnya 200 Baht/orang per malem. Satu kamar bisa isi 2 atau 3 orang, tergantung jenis ranjangnya. Fasilitas sih biasa, kipas angin, kamar mandi dalam dan dipinjemin handuk gitu.

Phi Phi Don Island

Inside the Phi Phi Don Island

Fried Chicken with Oyster Sauce

Fried Chicken with Oyster Sauce, 95 Baht

Sampai di hotel, istirahat sejenak dan mandi2 lah(mengingat semalem tidur di mobil! :D). Siang jam 12an, kita langsung cabut lagi untuk cari makan siang. Kita pun mampir ke salah satu restoran Thai di sana. Untuk lunch ini, saya pesan : Fried Chicken with Oyster Sauce + Rice, harga 95 Baht.

Selanjutnya kita langsung menuju ke pantai Loh Dalum. Pantainya sendiri gak terlalu bagus, tapi emang lagi-lagi pemandangan bukitnya itu yang bikin terasa unik. πŸ™‚ Karena suasananya yang terlalu rame juga, akhirnya kita memutuskan untuk pindah spot.

Sewaktu melewatin dermaga, kita sekalian booking long-tail boat buat keliling2 Phi-phi besok paginya. Kita dapet harga 2900 Baht untuk 6 jam. Next, kita ke Tonsai Bay, pantai di sebelah kiri dermaga tempat kita dateng tadi. Pantai ini suasananya jauh lebih sepi dan menurutku sih jauh lebih bagus. Apalagi kita jalan terus ke timur dan semakin sepi, so… bener-bener bisa ngerasain dan menikmati angin sepoi-sepoi di pantai!! ;P

Tonsai Bay, Phi-Phi Island
Tonsai Bay, Phi-Phi Island

Gara-gara masih kenyang dan angin sepoi2 itu lah yang akhirya membuat kita ngantuk! :hammer: akhirnya kita pun memutuskan untuk tidur siaaang! :)) istirahat bentar buat persiapan berburu sunset di Phi-Phi View Point. Habis bangun tidur siang, kita langsung berangkat ke Phi-Phi View Point. Dan eng-ing-eng…. tangga naiknya gilaaaaaaaaa!! Sumpah deh, ribuan anak tangga yang amat sangat menguras tenaga untuk mencapai puncaknya…. :nohope:

Awalnya udah males dan ngos2an di tengah jalan. eh liat ada anak kecil, bahkan ibu2 bule sambil nenteng anak bayinya di depan badannya kok ya pada kuat :hammer: makanya mau gak mau terus berusaha sampe puncak!! begitu sampe puncak, keringat bercucuran…, kepala keliyengan…. πŸ™ langsung deh beli minum dan minum SAR*DON! kebetulan banget kok ya pas bawa di tas… :hammer:

Phi Phi View Point
Phi Phi View Point, taken by Wawan

Pemandangan puncak memang OK sih, meskipun untuk sunsetnya lagi-lagi kita kurang beruntung karena tertutup awan. Turun dari Phi-phi View Point setelah gelap, untuk dinner kita memilih di Bora-bora Bar. Lokasinya di timurnya Tonsay Bay. Rada jauh sih, tapi gak nyesel jalan sampe sana. Kenapa? Karena selain makannya lumayan, di sana juga ada fire dancer show gitu.

Fire Dancer in Bora-bora Bar, Phi-phi

Fire Dancer in Bora-bora Bar, Phi-phi

Keren! Mana kita dapet duduk tepat paling depan. Panasnya api yang disembur-sembur kadang lumayan menyengat juga… πŸ˜€ Kadang juga rada serem sih, kalo tiba2 alat2 di tangan para penari itu lepas tepat kena ke muka! Kan bisa rusak wajah yang rupawan ini… :hammer:

Fire Dancer in Bora-bora Bar, Phi-phi

Fire Dancer in Bora-bora Bar, Phi-phi

:: Day 4 – Minggu, 30 Mei 2010 ::

Besok paginya, jam 7an kita langsung check-out dari hotel menuju ke agen tempat kita booking long-tail boat. Untuk tas danΒ barang bawaan, kita bisa titip ke agen tadi. Jadi kita bisa bawa barang-barang seperlunya waktu tour muter-muter Phi-phi Island.Β Jam setengah 8, kita memulai the real tour around the Phi-phi! Dimulai dari Loh Samah Bay, lanjut ke Maya Bay, lanjut ke MonkeyΒ Beach, Mosquito Island dan Bamboo Island.

in the long tail boat

in the long tail boat

Sempat ber-snorkeling di 2 spot, yaitu di Loh Samah Bay dan di Monkey Beach. Jujur aja sih, menurut saya pemandangan underwater di Phi-phi ini gak sebagus di Indonesia (Karimunjawa atau Kep. Seribu). Airnya juga cenderung rada butek, gak jernih, jadiΒ jarak pandang gak terlalu jauh. Sewaktu di Monkey beach pun, lagi-lagi kita kurang beruntung, gak bisa nemuin monyet berenang! yang ada waktu itu saya malah kena ulet dan bikin gatel… :hammer:

Phi Phi Tour

Phi-phi Tour 2

Ada untungnya kita memutuskan nginep di Phi-phi. Kenapa? Karena waktu sampai di Maya Bay dan sekitar itu masih pagi, jadi masihΒ sepiiii…. Waktu kita sampai di Maya Bay, baru ada 2-3 boat yang parkir. Nah, sekitar 1-2 jam main-main di Maya Bay, masuk keΒ “hutan” di dalam Maya Bay, keluar-keluar situasi Maya Bay sudah kaya pasar! Rame banget….!! ya main air lah, ya berjemurlah,Β main-main pasir, dsb. Kalau buat saya pribadi sih jadi kurang nyaman…. :peace:

Maya Bay, Phi Phi, Thailand

Ini situasi Maya Bay kalo sedang rame… nyomot foto Olip, yang kebetulan juga ke sana tapi beda rombongan sama kita. πŸ™‚

Maya Bay kaya pasar

Maya Bay kaya pasar!! πŸ™‚

Bamboo Island, Phi-phi

Bamboo Island, Phi-phi

Selesai Phi-phi tour, kita kembali lagi ke dermaga. Mandi di pemandian umum, dan menyempatkan makan siang dulu. Jadwal ferryΒ kita untuk menyebrang ke Phuket jam 3 sore. Untuk tiket balik ini kita dapet seharga 250 Baht. Sampai di Phuket, kita menujuΒ Patong (lagi) buat ke Jungceylon (lagi). Kita menyempatkan diri beli sedikit oleh-oleh di sana, dinner di food court-nya.

Akhirnya, malam itu juga dari Patong kita langsung menuju ke bandara Phuket (HKT), pake taxi harga 600 Baht. Taxi-nya pake neonΒ biru-biru, belum lagi diputerin lagu-lagu R&B, jadi berasa Need for Speed euy! :hammer: Jadwal penerbangan Phuket-Jakarta jam 8Β pagi, makanya kita memutuskan untuk ke bandara malam itu juga dan menginap di sana. Ngirit euy! πŸ˜€

oh ya, saran buat yang mau nginep di bandara, pake jaket, pake kaus kaki, bawa selimut kalo perlu! Bandaranya berubah jadiΒ lemari es kalo malem… :nohope:

Yak, dan akhirnya seleseilahΒ perjalanan kita ke Phuket, Thailand selama 5 hari 4 malem. finally…. thank God and happy traveling for all… πŸ˜‰

Phi Phi Islands Map

Phi-phi islands Map

Phi-phi islands Map

PhiPhi-map-enlarge

Phi-phi islands Map Enlarge