27 Mei 2010, pengalaman menghabiskan malam pertama di Phuket, Thailand. Kita sudah memutuskan menginap di Phuket Backpacker Hostel. Alamat di 165 Ranong Rd. Maung T. Taladyai Phuket, 83000, Phuket. Dari segi lokasi, bisa dikatakan berada di tengah-tengah kota Phuket Town itu sendiri.

Untuk reservasi sendiri, kita sudah melakukan booking via online untuk 5 dorm bed beberapa minggu sebelum. Tarifnya kalo di kurs kira-kira 75ribu IDR/orang/malam. Secara umum, fasilitas yang ada dan harga lumayan sebanding lah. Kamar tidur dan kamar mandi bersih, ada water heaternya, wifi dan ber-AC.

Ngomongin AC, bisa dikatakan malah terlalu dingiiiin. Jadi inget kalo waktu di sana terpaksa bangun tengah malam untuk keΒ toilet gara2 kedinginan… gitu kok ya bule2 itu masih bisa tidur gak pake baju… :hammer:

front of Phuket Backpacker Hostel

Phuket Backpacker Hostel

Sesampainya di sana pertama kali, di front desk kita diberi “welcome towel“. awalnya bingung semua kok tiba2 ada salah seorang petugas buka2 refrigerator minuman. sudah berharap-harap bakal dikasi Welcome Drink, eh gak taunya dikasi handuk kecil yang dilipat-gulung jadi kaya bentuk cerutu gitu.

Kita semua pun terbengong-bengong, buat apaan tuh… :matabelo: sempet ada yg mikir apa buat di-isep2 gitu? :nohope: sampai akhirnya memberanikan diri tanya buat apaan, dan ternyata “welcome towel” dingin itu ya buat cuci muka… karena memang suhu di Thailand yang cukup panas. owalaaaah…, katrok! :))

Oleh resepsionis, kita akan diberi 1 paket “starter kit” berupa sprei dan selimut (masing-masing 1 buah), kunci pintu dan kunci locker. Nah, untuk locker ini nih yang kesannya rada aneh. Sepertinya gara-gara kita booking atas 1 nama, makanya cuma dikasi locker 1 doang! ukuran lokernya sendiri untuk ukuran personal sebenernya cukup, tp kita kan dateng ber-5. :hammer:

Sprei yg diberi tadi maksudnya yaitu kita suruh pasang sendiri… πŸ˜€ Pada saat check-out, kita juga diharapkan untuk melepas sprei + selimut dan menyerahkan kembali ke resepsionis. enak bener dah kalo punya usaha beginian… :))

Bed Room photo of Phuket Backpacker Hostel

the bed room

Sekadar masukan, buat yang pergi secara rombongan, sepertinya kurang cocok ya kalo misal sewa kamar ala dorm bed gitu. Karena dalam 1 kamar pasti diisi banyakan orang, otomatis kita harus harus toleransi yang amat sangat. Dengan kata lain gak bisa ngobrol dengan bebas, gak bisa ketawa ketiwi lepas, pokoknya keep silent…. πŸ˜› Menurut saya sih tipe dorm bed gitu paling cocok untuk single-backpacker…. πŸ˜€

Overall, kalo cari penginapan terjangkau dengan fasilitas standar yg lumayan, Phuket Backpacker Hostel cukup bisa direkomendasikan koq… πŸ™‚