Tak ada gading yang tak retak…, kayanya peribahasa itu bener banget ya. Bahkan untuk perusahaan sekelas Google, tepatnya aplikasi Google Maps. Dan apesnya, mungkin saya pas banget kena bagian retaknya si Google Maps. :hammer:

google maps

Google Maps

Waktu saya jalan-jalan (baca : tersesat) di Surabaya, sepertinya mengandalkan kemampuan GPS di handphone bisa jadi pilihan yang bener kali ya!? *harusnya sih gituuu…*

Minggu 5 Desember 2010 lalu, saya dan 2 orang temen berencana ke House of Sampoerna (HoS) yang terletak di Jalan Taman Sampoerna 6, Surabaya. “Petualangan” dimulai dari daerah Pasar Turi, Surabaya. Begitu turun dari angkot yang membawa kita dari daerah Rungkut ke Pasar Turi, saya langsung mengeluarkan handphone, buka aplikasi Google Maps dan nyalakan GPS.

Setelah sinyal GPS ke-lock, peta sudah di-load dengan sempurna, dan sudah mendapatkan “My Position” yang memang menunjukkan di Pasar Turi, saya coba search dengan kata kunci “House of Sampoerna”. Tunggu sebentar, langsung saja si Google Maps menunjukkan sebuah point di layar handphone.

Meskipun capture berikut saya comot dari dekstop, kurang lebih seperti ini lah :

Google Maps is wrong

Google Maps is wrong... 🙁

Google Maps menunjuk sebuah titik yang tidak terlalu jauh dari Jalan Diponegoro Raya. Langsung tanpa keraguan sedikit pun saya mengikuti saran si Google. Nanya-nanya kanan kiri, akhirnya kita mendapatkan rute angkot yang kita pikir sudah benar.

Tapiiiii…, setelah kita sampai di titik yang benar-benar dituju oleh Google Maps ternyata “House of Sampoerna”-nya gak ada!! :nohope: Kita berada di tengah-tengah komplek perumahan yang terletak di Jalan Opak. Yang kita temui bukannya museum eh malah gedung pertemuan yang mana malah lagi ada acara hajatan nikahan. :hammer:

Iseng nanya dengan tukang parkir di sana, mereka jawab gak pernah tau ada museum di sekitar situ. wah, mistis banget nih…!! :nohope:

Dan akhirnya atas bantuan teman *makasih buat mas Mahe & mbak Mamat*, kita dianter ke House of Sampoerna yang aseli. Ternyata, House of Sampoerna berada di daerah utara Pasar Turi, lah kita malah dari Pasar Turi dengan pede jalan ke selatan…, jauuuh pula… :hammer:

House of Sampoerna on Google Maps

House of Sampoerna on Google Maps

Pink : posisi HoS yang bener
Hitam : posisi Pasar Turi
Biru : tempat nyasar dengan sukses

Bahkan untuk pencarian di dekstop, sampai berulang-ulang juga bakal menunjuk ke arah yang salah itu terus… :nohope:

Mungkin pesan moralnya (pesan moral yang gak penting), jangan percaya teknologi 100% dah…, mending nanya2 langsung ke orang. Itung2 sekalian bersosialisasi… :))