OK, melanjutkan post Part 1 sebelumnya tentang bandara Incheon, catatan di Korea Selatan Part 2 ini saya akan menulis sekilas tentang bagaimana sih kondisi Korea itu, dan bagaimana Korean alias orang-orang Korea Selatan itu sendiri. Setelah dari bandara, keluar dan kita langsung merasakan suasana Korea Selatan itu. Sekali lagi saya ngomong di depan, ini pure penilaian pribadi yak, jadi kalau terasa subyektif ya harap maklum. πŸ˜€ Oh ya, gak ada maksud ngomongin orang ya. Hahaha… :))

* Korea dan Masyarakatnya *

  • begitu menginjakkan kaki di tanah Korea Selatan, mata kita harus terbiasa dengan huruf kotak bulet di sana sini. hampir semua tulisan di sana ditulis in Hangeul (sebutan huruf tradisional Korea), tapi jangan khawatir untuk petunjuk jalan utama pasti ada tulisan latin di bawah tulisan versi hangeul-nya.
  • orang Korean lebih demen menulis menggunakan alfabet mereka, Hangeul. bisa jadi mungkin orang-orang Korea malah lebih jago nulis Hangeul daripada tulisan latin itu sendiri.
  • jangan bingung kalau misal membaca huruf latin hasil tulisan tangan mereka jadi agak aneh. huruf-huruf yang berkarakter bulet seperti β€œb”, β€œu” dsb atau misal angka 7 banyak ditulis bercorak siku-bulat begitu seperti hangeul.
  • Fashion!! baik pria dan wanita Korea, rata-rata memperhatikan style. cara berpakaiannya pun terbilang kebanyakan sangat-sangat modis. Kalau yang cewek, modal utamanya adalah rok mini, stoking dan sepatu boots. πŸ˜€ – sorry to say, saya paling geli cenderung jijik kalo liat cowok berambut panjang trus dikriting disisir ke samping. :nohope: :nohope:
  • jangan heran melihat laki-laki menggunakan kaos atau baju berwarna pink karena hal itu adalah hal yang wajar.
  • wajah anak-anak usia sekolah di sana terlihat cukup lugu, dengan model rambut yang rata-rata mirip satu sama lain, misal untuk cewek, rambut lurus dan berponi, kalau yang cowok ya standarnya model batok kelapa. :peace:
  • pada dasarnya kan rambut orang Korea itu lurus, entah kenapa di usia lanjut kok kebanyakan rambutnya keriting ya. entah sengaja dikeriting apa memang makin tua makin keriting. πŸ˜€
  • penguasaan bahasa Inggris orang awam Korea secara umum rada parah. menurut saya masih mendingan orang-orang Indonesia sini deh. penampilan boleh ala eksmud Jakarta, necis rapi berjas sliwar-sliwer di jalan, tapi begitu ditanya sesuatu in English sering-seringnya langsung bikin cengoh. hahaha… :peace:
  • driver taxi atau bus kota di sana rata-rata usia lanjut. sejauh pengalaman saya naik tranportasi umum di sana, belum pernah nemu driver nya usia muda.
  • begitu pula misal di departmen store, jangan kaget kalau melihat banyak SPG atau petugas cleaning service merupakan usia lanjut, bukan yang muda-muda. masih cocok kan disebut SPG – Sales Promotion Granny :))

BIKIN HEBOH SUPERMARKET
pada saat saya ingin belanja telur ayam di sebuah supermarket, saya kesulitan menemukan lokasinya di mana. saya coba iseng bertanya pada karyawannya, susaaah banget jelasin kalau yang saya cari itu cuma TELUR ayam. sudah nerocos ngomong β€œan egg” berulang-ulang, sambil memeragakan bentuk telur menggunakan tangan ditambah ngomong β€œchicken”, masih saja susaah. dari seorang SPG, minta tolong nanya ke SPG lain apakah tau maksud saya, begitu seterusnya hingga nyaris bikin heboh se-supermarket karena diliatin orang-orang. dan sejak saat itu saya rada parno kalo nanya-nanya di supermarket sana. :hammer:

  • saat di transportasi umum, hal yang sangat biasa kita temui orang-orang membaca buku atau menggunakan headset, baik itu dengerin musik atau pun nonton TV di layar hape.
  • kita juga akan sangat familiar melihat bangunan tinggi di sana sini yang bentuknya mirip satu sama lain berjajar-jajar. yak, bangunan itu adalah apartemen. apartemen di sana menjadi pilihan tempat tinggal mengingat keterbatasan lahan disamping harga tanah yang sangat mahal di sana (katanya).
  • search engine nomer 1 di sana bukanlah google.com melainkan naver.com, sebuah hangeul search engine. silakan dibuka di sini, kalau langsung pusing buruan ditutup, jangan salahkan saya. :))
  • merk handphone yang populer di Korea tentunya produk mereka sendiri yaitu Samsung dan LG, ditambah Motorola. Mungkin Apple cukup populer di sana melalui iPhone untuk akhir-akhir ini. Oh ya, jaringan seluler di Korea itu CDMA ya, bukan GSM. πŸ™‚
  • salah satu yang terpenting *dan patut dicontoh* adalah orang Korea itu nasionalisme-nya tinggi sekali!

HIDUP INDONESIA!
mungkin sudah banyak yang tau, kalau makanan khas Korea itu adalah Kimchi, bahasanya juga satu dengan alfabetnya adalah Hangeul. untuk pakaian wanita khas Korea Selatan adalah hanbok. suatu ketika saat saya mengobrol dengan seorang teman di sana. dia membuka percakapan dengan bicara seperti apa yang saya tulis sebelumnya. setelah itu, dia bertanya apa makanan khas Indonesia? trus pakaiannya disebut apa? punya alfabet sendiri ga? *gubraaaak* pertanyaan simpel sepele tapi amat susah dijawab saking banyaknya yang Indonesia punya, ya kan?? maka dari itu, BANGGALAH JADI ORANG INDONESIA YA!! πŸ˜‰

tambahan dari mbak Tiar *komen dibawah* πŸ™‚

  • masyarakat Korea itu tertib. mau antri panjang. mereka semua pada tau bahwa cara antri yang benar adalah dengan berdiri mulai dari barisan paling belakang. bukannya sok bego trus nyempil di tengah barisan.. *pengen nggampar deh kalo ada yang begitu*
  • masyarakat Korea yang bawa mobil juga baik hati. kalo ngeliat ada orang mau nyebrang jalan di zebra cross, walau nggak ada lampu merahnya, pasti ngerem dan nungguin pejalan kakinya lewat dulu. nggak pake di klaksonin ato dikasih-kasih lampu. padahal itu juga jalan sepi, kecil dan nggak ada polisinya.
  • masyarakat Korea (at least kebanyakan), nggak keberatan nenteng sampah sampe nemu tempat sampah. nggak di buang di tengah jalan gt aja.

yang in tambahan dari mbak Nyun *komen dibawah*

  • Aktif bergerak orang2nya, makanya relatif banyak yg sehat sampai lanjut usia. Kakek-nenek manjat gunung? Ahh itu biasa tiap weekend.. :D –Β  bener bangeeet! pernah kalah saing sama nenek-nenek… :matabelo:
  • Dan gue jaraaaang liat orang gendut disana, padahal porsi makannya wow yah.. coba aja jajan di fudkort emol, nasi gorengnya sebakul.. :P –Β  porsi makan emang lebaaay
  • Pintar memanfaatkan fasilitas umum yg dikasi pemerintah, dipake sesuai fungsinya dan dirawat
  • Nasionalis bangeeet, karena.. Sangat ngefans sama artis korea sendiri, apalagi penyanyi/band. Dulu gue pernah ditanya siapa penyanyi sono yg gue demen, dan gue jawab kalo gue cuma tau dikit banget soal artis korea, dan mereka pun β€œwhy? why..?” dengan segitu herannya..hahahaha. Gue cuma pasang muka, β€œmusti gitu?” hahahah :P

* FOTO – FOTO*

apartments in Korea

[APARTEMEN] dari depan sampai belakang sana, semuanya bangunan apartemen, silakan diitung ada berapa banyak! πŸ˜€

cross-road

[SUWON] salah satu sudut kota Suwon, +/- 1 jam dari Seoul. di belakang juga nongol lagi apartemen. selain apartemen di sana sini, bendera Korea juga sangat mudah ditemui di mana-mana

petunjuk-jalan-korea

[Penunjuk Jalan] semuanya ada versi Hangeul-nya

cinema-in-korea-Megabox

masih ingat film apa aja itu? yak, semuanya ditulis in Hangeul… πŸ™‚
diambil di MEGABOX – COEX Mall, Seoul. yang paling kiri adalah poster film Seven Pounds dan sebelahnya adalah poster film The Curious Case of Benjamin Button, masih inget?

harry-potter-versi-korea

Ada yang tau poster apakah ini??
yak, ini adalah poster promosi film Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2!
yang ga tahan liat huruf bulet kotak, langsung pusing kayanya. hahaha… :))

movie-ticket

Salah satu contoh struk transaksi di Korea. Yang di atas ini sih bentuk tiket CGV Cinemas, salah satu jaringan bioskop di Korea Selatan. Saat itu saya nonton Transformer 3 di sana.

susu-korea

Susu UHT ala Korea Selatan, lagi-lagi semua in Hangeul dah! πŸ™‚